get app
inews
Aa Read Next : Terima Kasih Tim Garuda!

Larang Elkan Baggott Cs Main Lawan Thailand, Singapura Sengaja Jegal Ambisi Timnas Indonesia?

Minggu, 02 Januari 2022 | 12:37 WIB
header img
Elkan Baggott. (foto : pssi)

KALLANG, iNews.id - Fakta baru terungkap terkait pelarangan empat pemain Indonesia tampil pada leg kedua final Piala AFF 2020. Elkan Baggott cs ternyata sebelumnya sudah dinyatakan bebas hukuman setelah membayar denda kepada pemerintah Singapura. 

Selain Elkan Baggott, ada tiga pemain lainnya yakni Rizky Ridho, Rizky Dwi Febrianto dan Victor Igbonefo dilarang tampil melawan Thailand. Keempat pemain ini dihukum karena dianggap melanggar aturan bubble Covid-19 di Singapura.

“Saya ingin meluruskan kepada para fans. Kami tidak tahu kami melanggar aturan,” kata Elkan melalui Instagramnya, dikutip Minggu (2/1/2022). 

Ternyata, pelanggaran itu terjadi pada 23 Desember lalu dimana Elkan Baggott dan ketiga rekannya itu meninggalkan hotel untuk mencari udara segar. Mereka sudah mendapat izin dari ofisial Timnas Indonesia.

“Mereka (ofisial Timnas) bilang ‘kamu diizinkan pergi keluar menghirup udara segar dan membeli keperluan tim di 7 eleven. Kami akhirnya berani keluar hotel. Kami tidak mengira melanggar aturan gelembung,” tambahnya.

PSSI yang mengetahui pelanggaran tersebut kemudian membayar denda atas kesalahan pemain mereka. Bahkan Elkan Baggott dan Rizky Ridho sempat bermain di final leg pertama Piala AFF 2020, Rabu (29/12/2021).

Anehnya keempat pemain itu justru dilarang bermain di laga kedua yang berlangsung tiga hari kemudian.

"Tapi penjelasan yang diberikan kepada media seolah-olah kami berempat bersalah, padahal tak seperti itu," jelas Elkan.

Pelatih Shin Tae-yong menilai sistem administrasi dalam aturan bubble dan karantina yang diterapkan pemerintah Singapura buruk. Sebab, seharusnya hal tersebut tak terjadi di tengah turnamen.

“Pertama sebelum itu memang saya merasa terima kasih ke pemerintah singapura dan FAS (Federasi Sepak Bola Singapura) karena diizinkan untuk mengadakan Piala AFF 2020 walaupun pandemi, tetapi (turnamen ini) sangat mengecewakan secara administrasi, memang banyak masalah juga di tengah-tengah karantina secara administrasi,” tambahnya.

Sebelumnya, masalah karantina juga menimpa Timnas Indonesia saat Elkan Baggott baru saja kembali dari Inggris. Saat itu, Elkan dilarang bermain melawan Timnas Vietnam lantaran harus menjalani karantina selama lima hari.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut