get app
inews
Aa Read Next : Lagi, Kebakaran Hanguskan 8 Unit Rumah di Kota Bangun

Kebakaran Hebat di Samarinda, 5 Rumah dan Empat Bangsalan 21 Pintu Rata dengan Tanah

Kamis, 11 Mei 2023 | 20:02 WIB
header img
Kebakaran hebat melanda permukiman padat penduduk di Jalan Gelatik 1 Blok D, RT. 13, Kelurahan Temindung Permai, Samarinda. (foto: ist/BPBD Samarinda)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Kebakaran hebat melanda permukiman padat penduduk di Jalan Gelatik 1 Blok D, RT. 13, Kelurahan Temindung Permai, Kecamatan Sungai Pinang, Samarinda, Kamis (11/05/2023).

Kebakaran yang terjadi sekitar 10.00 WITA itu mengakibatkan 5 rumah tinggal dan empat bangsalan 21 pintu ludes terbakar. Kerugian ditaksir tidak kurang dari Rp500 juta.

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Samarinda yang menerjunkan tujuh armada dibantu relawan berjibaku melokalisir api agar tidak merembet ke bangunan lainnya. 

Upaya pemadaman sempat terkendala karena akses jalan ke lokasi cukup sempit. Setelah sekitar satu jam bahu membahu, petugas Damkar dan relawan akhirnya bisa mengendalikan api dan dinyatakan padam satu jam kemudian. 

"Damkar Samarinda menerjunkan 7 armada dan 40 personel untuk menanggulangi kebakaran di Temindung. Butuh waktu satu jam untuk memadamkan api," jelas Kabid Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Damkar Samarinda Teguh Setya Wardana dikutip Kamis (11/5/2023).

Terkait penyebab kebakaran, Kapolsek Sungai Pinang, Kompol Ahmad Abdullah mengaku pihaknya belum bisa menyimpulkan karena petugas masih melakukan olah TKP kebakaran.

Namun, dugaan sementara, api bersumber dari salah satu bangsalan. Penghuni kontrakan diduga lupa mematikan kompor dan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. 

"Ini menjadi peringatan bagi masyarakat untuk lebih waspada mencegah kebakaran dengan tidak meninggalkan aktivitas memasak sebelum selesai, dan wajib memeriksakan rangkaian listrik di masing-masing rumah secara berkala,"pungkasnya.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut