get app
inews
Aa Read Next : Amankan Perayaan Paskah di 50 Gereja, Polres Bontang Terjunkan 140 Personel

Balikpapan dan Bontang Awali Vaksinasi Booster Covid-19 di Kaltim

Rabu, 12 Januari 2022 | 19:08 WIB
header img
Pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga di Sentra Vaksinasi Gedung BSCC Dome Kota Balikpapan, Rabu (12/01/2022). (foto ist)

SAMARINDA, iNews.id - Vaksinasi dosis ketiga di Kalimantan Timur dimulai di Kota Balikpapan dan Bontang, Rabu (12/1/2022). Kedua daerah tersebut memenuhi syarat untuk memberikan vaksin booster karena capaian vaksinasi dosis pertama sudah di atas 70 persen dan lansia di atas 60 persen.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kaltim Masitah mengungkapkan, secara umum Kaltim sudah siap untuk memberikan vaksin booster kepada masyarakat. Namun, sesuai petunjuk teknis dari Kementerian Kesehatan, baru Balikpapan dan Bontang yang memenuhi syarat untuk melaksanakan vaksinasi dosis ketiga.

"Pelaksanaan dimulai dengan sasaran usia 18 tahun keatas di Balikpapan dan Bontang. Prioritasnya adalah lansia dan masyarakat yang menderita imunokompremaise," jelasnya.

Berdasarkan data KPCPEN cakupan by KTP saat ini persyaratan penerima vaksinasi dosis tiga adalah masyarakat yang sudah menerima vaksinasi Coronavac/Sinovac dan Astra Zeneca dosis lengkap (dosis satu dan dua) dengan interval pemberian enam bulan setelah menerima dosis dua dan sudah mendapatkan E Tiket dosis ketiga melalui aplikasi Peduli Lindungi.

"Untuk penerima vaksin dosis satu dan dua jenis lain, mulai Moderna, Pfizer, Sinopharm dan lainnya masih menunggu rekomendasi dari Kemkes dan ITAGI," jelasnya.

Kombinasi Vaksin yang ditentukan Kemenkes RI, yaitu Vaksin satu dan dua Sinovac, Vaksin booster satu/dua dosis Pfizer, Vaksin booster satu/dua dosis Sinovac, Vaksin booster satu/dua dosis Astrazenca, Vaksin satu dan dua Astrazeneca, Vaksin booster satu/dua dosis Moderna.

Vaksin booster berdasarkan ketersediaan dan perkembangan hasil penelitian, sesuai dengan BPOM, ITAGI, dan WHO.
.
"Pelaksanaan vaksinasi dosis tiga dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan dan sentra vaksinasi bersamaan dengan pemberian dosis satu maupun dosis dua," jelasnya.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut