get app
inews
Aa Read Next : Setelah Korea, Kaltim Ekspor Perdana Rumput Laut ke China

Hati-hati, Aplikasi Ini Curi Data Pengguna lalu Dikirim ke Server di China

Minggu, 09 Juli 2023 | 10:14 WIB
header img
Aplikasi android yang diduga mencuri data pengguna lalu dikirim ke server di China. (Foto: ilustrasi/ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Aplikasi android berbahaya kembali ditemukan di Playstore. Aplikasi yang bisa diunduh di toko aplikasi resmi Google tersebut diduga mencuri data pengguna kemudian dikirim ke China.

Adalah aplikasi File Recovery & Data Recovery serta File Manager yang diduga merupakan aplikasi berbahaya dan menyelinap ke Playstore. Ironisnya, aplikasi ini sudah diunduh 1,5 juta pengguna di seluruh dunia.

Perusahaan keamanan dunia maya Pradeo mengatakan kedua aplikasi tersebut berasal dari pengembang yang sama. Aplikasi ini seperti manajemen file, tapi sebenarnya spyware dan secara diam-diam mengirimkan informasi pengguna ke server yang berbasis di China. 

Aplikasi ini sebelumnya menegaskan mereka tidak mengumpulkan data apa pun dari telepon pengguna. Namun, klaim tersebut dibantah Pradeo. 

Bahkan, aplikasi mengatakan data yang dikumpulkan tidak akan dihapus bahkan setelah permintaan pengguna, yang bertentangan dengan undang-undang perlindungan data. 

Analisis Pradeo menunjukkan aplikasi mengumpulkan data pribadi seperti kontak di perangkat, email dan kontak jejaring sosial, foto, audio dan video, dan lokasi pengguna.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut