get app
inews
Aa Read Next : 17 Aplikasi Berbahaya Terindikasi Curi Data Keuangan Pengguna, Segera Hapus!

Tanda-tanda HP Di-hack, Waspada Jika Aplikasi Sering Crash

Rabu, 19 Juli 2023 | 13:35 WIB
header img
Tanda-tanda HP di-hack wajib diketahui pengguna agar terhindar dari pencurian data. (foto: ilustrasi/ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Tanda-tanda handphone (HP) di-hack akan diulas dalam artikel ini. Pasalnya, banyak pengguna kadang tidak sadar jika HP mereka sedang di-hack orang tidak bertanggungjawab.

Kejahatan siber memang menjadi masalah seiring dengan perkembangan teknologi. Rendahnya kesadaran pengguna kerap dimanfaatkan pelaku kejahatan untuk melancarkan aksinya.

Salah satunya dengan mengendalikan HP pengguna dengan beragam tujuan. Namun umumnya adalah pencurian data terutama terkait dengan akun perbankan. Tidak sedikit yang menjadi korban dan mengalami kerugian yang tidak sedikit.

Untuk itu, penting mengetahui tanda-tanda handphone di-hack agar tidak menjadi korban kejahatan. Simak ulasan berikut ini:

Tanda-tanda HP Di-hack

1. Aplikasi Asing Terinstal

Tanda-tanda pertama adalah adanya aplikasi asing yang terinstal di HP. Aplikasi yang dipastikan berisi malware atau hacker itu dipastikan tidak diinstal pengguna.

Dikutip dari Makeuseof, aplikasi atau situs berbahaya dapat menginstal program di ponsel Anda. Aplikasi tersebut kemudian mengirim informasi sensitif ke pihak ketiga.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut