get app
inews
Aa Read Next : Selamat! Kaltim Juara Umum MTQ Nasional XXX, Sisihkan Jakarta dan Jawa Timur

Buntut Pembakaran Alquran, Kedutaan Besar Swedia di Irak Diserbu dan Dibakar

Kamis, 20 Juli 2023 | 10:50 WIB
header img
Kedutaan Swedia di Kota Baghdad Irak diserbu dan dibakar massa buntut pembakaran Alquran di Stockholm. (foto: reuters)

BAGHDAD, iNewsKutai.id – Kedutaan Besar Swedia di Kota Baghdad, Irak menjadi sasaran kemarahan massa menyusul aksi pembakaran Alquran di Stockholm. Ratusan orang menyerbu dan membakar kedutaan pada Kamis (20/7/2023) pagi waktu setempat. 

Pada pengunjuk rasa memanjat tembok gedung dan membakarnya sebagai bentuk protes terhadap pembiaran pembakaran Alquran di Swedia. Demonstrasi tersebut digerakkan para pendukung ulama Syiah, Muqtada Sadr.

Dalam serangkaian video yang diunggah ke grup Telegram, One Baghdad, massa berkumpul di sekitar Kedutaan Swedia sekitar pukul 01.00 pagi. 

Mereka meneriakkan slogan pro-Sadr lalu menyerbu kompleks kedutaan satu jam kemudian. Dalam video terlihat asap mengepul dari sebuah gedung di kompleks kedutaan. 

Belum jelas apakah ada orang di dalam kedutaan pada saat penyerbuan. Reuters melaporkan, tidak ada staf kedutaan yang terluka dalam insiden tersebut.

Kepastian tidak adanya korban diperoleh dari sumber internal Kedutaan Swedia. Hanya saja, sumber tersebut enggan memberikan penjelasan lebih detail.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Swedia juga menolak berkomentar terkait insiden pembakaran gedung diplomatik tersebut. 

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut