get app
inews
Aa Read Next : Dua Helikopter Angkatan Laut Malaysia Tabrakan di Udara saat Latihan, 10 Personel Gugur

Alami Masalah Teknis, Helikopter BNPB Mendarat Darurat di Lahan Gambut Kalteng

Kamis, 27 Juli 2023 | 05:25 WIB
header img
Helikopter BNPB mendarat darurat di tengah lahan gambut di Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. (foto: inews/sigit dzakwan)

KOTAWARINGIN BARAT, iNewsKutai.id - Helikopter Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB) mendarat darurat di tengah lahan gambut Kelurahan Mendawai Seberang, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Rabu (26/7/2023). 

Helikopter jenis Mi-8 dengan nomor registrasi EX-08042 itu diduga mengalami kerusakan mesin. Pendaratan darurat ini terjadi sekitar pukul 16.00 WITA. 

Danlanud Iskandar Letkol Pnb Widi Nugroho menyatakan, tim dari TNI AU Lanud Iskandar Pangkalan Bun dikerahkan ke lokasi untuk membantu proses evakuasi. 

"Tim dari Lanud Iskandar sudah meluncur ke lokasi. Informasi sementara mendarat di wilayah Kelurahan Mendawai Seberang. Untuk kru semua selamat,” ujar Danlanud, Rabu (26/7/2023) malam. 

Letkol Widi menambahkan, belum diketahui pasti penyebab helikopter mendarat di tengah lahan gambut. Namun diduga, helikopter tersebut mengalami masalah teknis. 

"Untuk penyebabnya belum diketahui. Nanti akan disampaikan setelah evakuasi dilakukan,” katanya. 

Dalam video yang beredar, roda helikopter berbadan besar itu terlihat terbenam ke dalam tanah. Heli mendarat di depan sebuah parit yang dikeliling pohon sawit. 
Sejumlah orang yang diduga kru dan penumpang helikopter terlihat berdiri tidak jauh dari lokasi pendaratan.

Kepala BPBD Kota Waringin Barat Syahruni membenarkan jika helikopter BNPB mendarat darurat. Namun, dia enggan berbicara banyak dengan alasan domain dari Lanud Iskandar. “Betul, info lengkap dengan pihak Lanud Iskandar,” ucap Syahruni.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut