get app
inews
Aa Read Next : Viral Sopir Taksi Online Culik dan Peras Penumpang Rp100 Juta, Korban Lompat dari Mobil di Jalan Tol

Fakta Menyedihkan Dibalik Makam Upin-Ipin di Kota Palu, Ini Kisahnya

Kamis, 20 Januari 2022 | 07:56 WIB
header img
Tangkapan video viral makam Upin Ipin di Kota Palu. (foto : ist)

PALU, iNews.id - Dalam beberapa hari terakhir, jagat maya Indonesia dihebohkan degan temuan makam bertuliskan nama Upin dan Ipin, tokoh film kartun asal Malaysia di Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Keberadaan makam ini lantas menjadi perdebatan terutama asal usul tokoh kartun yang sangat populer di Tanah Air tersebut. Setelah ditelusuri, ternyata ada kisah menyedihkan dibalik keberadaan dua makam yang terletak di kompleks pemakaman umum Kelurahan Layana, Kecamatan Palu Utara, Kota Palu. 

Nama Upin dan Ipin pada dua makam tersebut hanyalah inpirasi dari pasangan orang tua almarhum yang kehilangan anak tanpa sempat memberikan nama. Orang tua almarhum yang dimakamkan dengan nama Upin dan Ipin, Hikma mengatakan, sebelumnya kuburan tersebut hanya bertanda sebuah batu. 

Namun setelah mendapatkan rezeki maka di tahun 2016 dan akhirnya dibuat nisan dengan memakai nama Upin dan Ipin. Di kedua makam tertulis tanggal dan tahun meninggal. Upin meninggal pada 6 Agustus 1995. Sedangkan ipin meninggal tanggal 2 tahun 1996.

Keduanya meninggal karena sakit. Anak laki-laki Hikma meninggal setelah berusia 14 hari. Setahun kemudian satu anaknya yang baru dilahirkan dan berusia 3 hari juga meninggal.

"Keduanya meninggal dunia sebelum sempat diberi nama," ujar Hikma, ayah kedua almarhum yang akhirnya diberi nama Upin dan Ipin.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut