get app
inews
Aa Read Next : Prank! Digadang-gadang Beroperasi di IKN, Taksi Terbang ternyata hanya Riset

Catat! Penerbangan Komersial di Bandara Husein Sastranegara Bandung Ditutup 28 Oktober 2023

Rabu, 30 Agustus 2023 | 21:35 WIB
header img
Penerbangan komersial di Bandara Husein Sastranegara Bandung akan ditutup mulai 28 Oktober 2023. (foto: ilustrasi/ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Penerbangan komersial di Bandara Husein Sastranegara Bandung akan ditutup mulai 28 Oktober 2023 mendatang. Penerbangan akan dialihkan ke Bandara Internasional Kertajati di Majalengka.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, aktivitas penerbangan komersial di Bandara Husein Sastranegara akan dialihkan ke Kertajati yang sudah berfungsi penuh pada 28 Oktober 2023.

"Jadi semua pesawat komersial yang ada di Bandung akan dipindahkan ke Bandara Kertajati," ungkap Budi saat ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (30/8/2023). 

Penutupan penerbangan komersial ini membuat penumpang pesawat tujuan Kota Bandung hanya punya dua pilihan yakni melalui Bandara Kertajati atau Bandara Soekarno Hatta Jakarta.

Meski ditutup, namun Budi menyebut jika Kemenhub masih memberikan pengecualian untuk pengoperasian pesawat baling-baling. Mereka diberi kesempatan satu tahun untuk pindah. Setelah itu, semua aktivitas penerbangan akan pindah ke Bandara Kertajati.  

"Pesawat baling-baling kita berikan waktu satu tahun untuk pindah. Nanti semuanya beroperasi di Kertajati," katanya.

Terkait konektivitas dari dan ke Bandara Kertajati, Budi menyebut akan disiapkan armada bus Damri yang melayani masyarakat Bandung dan Cirebon. Dia menjamin masyarakat akan bisa mengakses Bandara Kertajati dengan mudah. 

"Paling tidak ada dua kota yang terpenuhi yaitu Bandung dan Cirebon," ujar dia.

Bandara Kertajati memang menjadi topik hangat lantaran tidak dilirik maskapai penerbangan. Akibatnya, bandara yang menelan dana trilunan itu terbengkalai dan hanya sesekali digunakan untuk penerbangan umroh.

Presiden Joko Widodo saat meresmikan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Kabupaten Sumedang menyatakan jika operasional pesawat dari Bandara Husein akan dipindahkan ke Bandara Kertajati seiring dengan rampungnya tol.

"Jalan tol Cisumdawu, jalan tol Cileunyi Sumedang dan Dawuan sudah selesai dan segera siap untuk dioperasikan. Jalan tol menghubungkan kota Bandung melalui tol Cipularang ke tol Cipali," kata Jokowi. 

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut