Logo Network
Network

Bahaya Konsumsi Gula Berlebihan bagi Kesehatan Kulit, Bikin Jerawatan hingga Penuaan Dini

Syifa Fauziah/Abriandi
.
Selasa, 17 Oktober 2023 | 13:26 WIB
Bahaya Konsumsi Gula Berlebihan bagi Kesehatan Kulit, Bikin Jerawatan hingga Penuaan Dini
Bahaya konsumsi gula berlebihan bagi kesehatan kulit. (foto: ilustrasi/ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id – Konsumsi gula berlebihan tidak hanya membahayakan kesehatan. Lebih dari itu, asupan gula tak terkendali juga bisa bisa berdampak buruk bagi kecantikan khususnya wanita.

Kesehatan kulit wanita tidak hanya bergantung pada perawatan. Lebih dari itu, asupan makanan juga wajib diperhatikan. Tidak hanya harus tinggi serat dan vitamin, makanan yang dikonsumsi wajib rendah gula.

Konten kreator sekaligus tenaga kesehatan, dr Nadia Alaydrus menjelaskan, mengonsumsi makanan dan minuman manis dalam jumlah banyak secara terus menerus akan menyebabkan masalah kulit.

Mulai dari masalah jerawat hingga penuaan dini.  Dokter Nadia mengatakan, makanan manis akan meningkatkan kadar insulin dan bisa terjadi insulin spike di dalam tubuh. 

"Insulin yang meningkat bisa membuat sebum atau produksi minyak pada kulit menjadi tinggi. Ini kemudian akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat," kata Nadia dikutip dari Instagram @nadialaydrus, Selasa (17/10/2023). 

Bukan hanya jerawat, konsumsi gula juga menjadi salah satu penyebab penuaan dini. Glukosa dan fruktosa yang ada pada makanan manis bisa merusak dua protein penting bagi kesehatan kulit yakni kolagen dan elastin. 

"Sudah tahu dong kalau kolagen dan elastin itu adalah protein yang membuat kulit kita tetap kencang dan elastis. Kalau kedua protein itu rusak, otomatis kulit akan kendur dan keriput," ungkap dr Nadia.

Bahaya dari konsumsi makanan manis secara berlebihan lainnya adalah menyebabkan inflamasi dan peradangan pada kulit menjadi meningkat. Hal itu dikarenakan kadar insulin yang tidak seimbang membuat kulit kusam, kasar, dan tampak kemerahan.

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Sabtu, 07 Oktober 2023

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News

Bagikan Artikel Ini