get app
inews
Aa Read Next : Polsek Kota Bangun Ringkus 3 Pengedar Narkoba dalam Sepekan, 54 Paket Sabu Disita

Puting Beliung Terjang Samboja, Puluhan Rumah Warga dan Tempat Ibadah Rusak

Senin, 13 November 2023 | 21:26 WIB
header img
Puluhan rumah warga Kelurahan Kuala Samboja, Samboja rusak berat akibat diterjang puting beliung. (foto: damkar kukar)

TENGGARONG, iNewsKutai.id - Angin puting beliung menerjang Kelurahan Kuala Samboja, Samboja, Kutai Kartanegara, Senin (13/10/2023) siang. Akibatnya, puluhan rumah rusak ringan dan berat.

Puting beliung tersebut terjadi sekitar pukul 11.48 WITA disertai hujan deras. Atap rumah warga yang rata-rata terbuat dari seng beterbangan diterjang angin kencang.

Berdasarkan data Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kutai Kartanegara, sedikitnya 31 rumah warga mengalami kerusakan berat maupun ringan.

Akibatnya, sebanyak 150 kepala keluarga atau sekitar 2.179 jiwa terdampak. Selain itu, dua bangunan rumah walet, dan sebuah masjid juga mengalami kerusakan.

Terjangan angin puting beliung disertai hujan deras ini terekam kamera amatir warga. Dalam rekaman yang viral di media sosial, angin kencang menerjang permukiman dan berputar-putar.

Tidak lama kemudian, atap sebuah rumah beterbangan dihantam angin kencang. Bahkan, atap dari seng terlihat beterbangan di udara. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam bencana tersebut.

Pemerintah Kecamatan Samboja langsung turun ke lapangan mendata warga terdampak. "Sejauh ini puluhan rumah terdampak puting beliung. Beruntungnya tida ada korban jiwa dalam bencana ini," kata Camat Samboja, Damsik.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut