get app
inews
Aa Read Next : Gara-gara HP Tertinggal,  Pembobol Rumah Burung Walet di Kukar Tertangkap Polisi

Terdesak Kebutuhan Hidup, 6 Warga Samarinda Berkomplot Curi Pipa Minyak Pertamina

Senin, 20 November 2023 | 20:13 WIB
header img
6 warga Samarinda ditangkap Polsek Muara Badak setelah kepergok mencuri pipa PT Pertamina Hulu Sanga-sanga. (foto: ist)

BONTANG, iNewsKutai.id – Unit Reskrim Polsek Muara Badak menggagalkan upaya pencurian pipa milik PT Pertamina Hulu Sanga-Sanga (PHSS) di Muara Badak, Kutai Kartanegara. Enam warga Samarinda yang menjadi pelaku pencurian turut diamankan.

Kapolsek Muara Badak Iptu Gatot Siswanto menjelaskan, upaya pencurian itu berhasil digagalkan setelah pekerja PHSS mencurigai aktivitas sejumlah orang di kawasan anak usaha PT Pertamina tersebut pada Minggu (19/11/2023).

"Karyawan PHSS melihat ada 6 orang memasuki lokasi PHSS menggunakan dua unit speedboat sehingga dilakukan pengecekan," jelasnya, Senin (20/11/2023).

Saat diperiksa, pekerja PHSS menemukan 10 potongan pipa sepanjang 30 meter yang sudah dimuat di atas speedboat. Mereka kemudian diinterogasi dan mengaku mengambil dari dalam lokasi PHSS.

"Pipa besi itu milik PHSS dan diambil di dalam lokasi perusahaan. Temuan itu kemudian dilaporkan ke Polsek Muara Badak beserta seluruh tersangkanya dan ditahan," ujarnya.

Dari tangan tersangka, polisi menyita barang bukti berupa 10 pipa, dua unit speedboat, tabung oksigen, dan tabung elpiji 3 kg yang diduga digunakan untuk las.

Kepada penyidik, para tersangka mengaku nekat melakukan pencurian di kawasan PT PHSS lantaran terdesak kebutuhan hidup. Atas perbuatannya, keenam tersangka dijerat Pasal 363 tentang Pencurian dengan ancaman 7 tahun penjara.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut