Logo Network
Network

Pneumonia Misterius Mewabah di China, Bakal Jadi Pandemi Baru?

Muhaimin/Abriandi
.
Selasa, 28 November 2023 | 08:30 WIB
Pneumonia Misterius Mewabah di China, Bakal Jadi Pandemi Baru?
Pneumonia misterius mewabah di China dan dikhawatirkan menjadi pandemi baru. (foto: ilustrasi/scmp)

BEIJING, iNewsKutai.id - Pneumonia atau penyakit pernafasan misterius kembali mewabah di China. Gejala penyakit yang mirip Covid-19 ini dikhawatirkan akan menjadi pandemi baru.

Organisasi Masyarakat Internasional untuk Penyakit Menular (ISID) menyerukan komunitas dunia untuk waspada dengan kemunculan pneumonia misterius tersebut. 

Penyebabnya, sejumlah rumah sakit anak-anak di Beijing dan wilayah utara Liaoning dipenuhi dengan pasien mirip pneumonia yang belum diketahui jenisnya. Diagnosa awal, penyakit aneh tersebut diyakini akibat infeksi bakteri. 

Saluran berita FTV News yang berbasis di Taiwan dalam laporannya menyatakan, banyak pasien telah mengunjungi Rumah Sakit Anak Beijing.

"Banyak anak dirawat di rumah sakit. Mereka tidak batuk atau menunjukkan gejala pneumonia, namun terjadi demam tinggi dan peradangan pada saluran pernapasan,” tulis FTV News dikutip Selasa (28/11/2023).

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengaku telah meminta informasi resmi dari China mengenai kasus pneumonia misterius pada anak-anak, pekan lalu. 

Dalam penjelasannya, China menyebut tidak ada patogen baru atau tidak biasa yang terdeteksi dalam peningkatan penyakit pernafasan pada anak-anak di wilayah utara. 

"China menyatakan tidak terdeteksi patogen yang tidak biasa atau baru atau presentasi klinis yang tidak biasa, namun hanya peningkatan umum penyakit pernafasan yang disebabkan oleh beberapa patogen yang diketahui,” kata WHO dalam sebuah pernyataan, yang dilansir AFP, pekan lalu.

Follow Berita iNews Kutai di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini