Logo Network
Network

Ekonom Cibir Janji Manis Prabowo Subianto Setop Impor BBM: Mimpi !

Atikah Umiyani/Abriandi
.
Rabu, 29 November 2023 | 13:09 WIB
Ekonom Cibir Janji Manis Prabowo Subianto Setop Impor BBM: Mimpi !
Ekonom mencibir janji Prabowo Subianto untuk menyetop impor BBM jika terpilih sebagai presiden. (Foto: ilustrasi/okezone)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Ekonom mencibir janji calon presiden Prabowo Subianto untuk menghentikan impor bahan bakar minyak (BBM) jika terpilih sebagai presiden. Alasannya, janji tersebut sulit terealiasi dalam satu periode kepemimpinan atau lima tahun.

Janji Prabowo tidak akan mengimpor BBM apabila nanti terpilih menjadi presiden dalam kontestasi Pemilu 2024 mendatang diungkapkan dalam Dialog Publik di Universitas Muhammadiyah Surabaya, pada Jumat (24/11/2023) pekan lalu. 

Prabowo percaya diri menyebut Indonesia menjadi satu-satunya negara di dunia yang menggunakan 100 persen energi hijau. BBM yang digunakan di Indonesia masuk dalam kategori biofuel, yang diproduksi dari bahan-bahan organik. 

"Itu mimpi siang bolong dalam satu periode bahkan sampai 2029 juga tidak bisa tercapai. Narasinya seolah bagus, pro lingkungan tapi kurang realistis," ungkap ekonom Bhima Yudhistira kepada MNC Portal Indonesia dikutip Rabu (29/11/2023).

Bukan tanpa alasan Bhima menyebut janji Prabowo tersebut mimpi semata. Menurutnya, ada sejumlah faktor yang membuat Indonesia masih akan mengimpor minyak.

Pertama, ketergantungan impor migas nasional sangat akut. Selama Januari-Oktober 2023 nilainya bahkan sudah mencapai 13,1 miliar dolar Amerika Serikat (AS). 

"Mau diganti berapa banyak biodisel? Suplainya darimana? Itu yang jadi pertanyaan utama. Saya harap tim Prabowo-Gibran membuka data skenario tidak impor BBM, sehingga menjadi terang benderang bukan hanya janji kampanye tanpa dasar," tegasnya. 

Follow Berita iNews Kutai di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini