get app
inews
Aa Read Next : Terima Kasih Tim Garuda!

Terapkan Protokol Kesehatan Ketat, 8 Pemain Timnas Indonesia Positif Covid-19, Kok Bisa?

Senin, 31 Januari 2022 | 10:02 WIB
header img
Pelatih Shin Tae-yong menyatakan 8 pemain timnas positif Covid-19. (Foto: Ist PSSI)

GIANYAR, iNewsKutai.id - Tim nasional Indonesia hanya memiliki lima pemain cadangan pada FIFA Matchday melawan Timor Leste di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Minggu (30/1/2022), malam. Penyebabnya, ada delapan penggawa Garuda dinyatakan positif Covid-19.

Delapan pemain tersebut adalah Evan Dimas, Syahrul Trisna, Muhammad Rafli, Rizky Ridho, Rizky Dwi, Syahrian Abimanyu, Hanis Saghara, Irfan Jaya, dan Muhammad Adi Satryo. Mereka ketahuan terinfeksi setelah menjalani tes PCR jelang pertandingan.

Pelatih Shin Tae-yong pun mengaku tidak bisa berbuat banyak dengan situasi tersebut. Dia menegaskan, protokol kesehatan yang diterapkan diikuti dengan baik oleh seluruh pemain selama berada di hotel dan di lapangan. Bahkan pengawasannya lebih ketat.

Tidak hanya itu, tes PCR juga dilakukan setiap hari sebagai antisipasi awal adanya penularan virus Covid-19. 

"Sebenernya kami setiap hari ada pcr, protokol juga lebih ketat dari sebelumnya dan sebenarnya diikuti dengan baik oleh pemain Timnas Indonesia. Tetapi tetap saja ada delapan pemain yang terinfeksi," jelas Shin Tae-yong.

Lebih lanjut, mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu mengatakan jika memang Covid-19 kembali mengganas di Indonesia, semua harus mempertimbangkan dengan lebih baik lagi untuk masalah Timnas Indonesia ke depaanya.

"Kalau untuk masalah masalah corona ini kami harus mempertimbangkan lagi bagaimana untuk ke depannya. Karena ini akan menjadi hal yang tidak baik untuk ke depannya," ujar pelatih berusia 53 tahun tersebut.

Beruntung, meski tampil dengan pemain seadanya, Indonesia bisa memperbaiki penampilan pada laga kedua ini. Timor Leste berhasil ditaklukkan dengan gelontoran tiga gol tanpa balas.

Di sisi lain, 4 pemain Timor Leste juga dinyatakan positif Covid-19. Salah satunya sang kapten yang juga bermimpi bermain di Persija Jakarta, Filomeno Junior da Costa.

"Ada beberapa pemain tidak bisa bermain malam ini karena positif COVID-19. 4 pemain, satu bek yakni kapten kami (Filomeno Junior da Costa), dan 3 gelandang," kata pelatih Timor Leste, Fabio Maciel.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut