get app
inews
Aa Read Next : Curi Motor di Parkiran Minimarket, Residivis Kambuhan Kembali Ditangkap Polisi

Resep Bakwan Sehat tanpa Tepung, Cocok untuk Menu Diet

Jum'at, 12 Januari 2024 | 08:13 WIB
header img
Resep bakwan sehat tanpa tepung cocok untuk menu diet. (foto: ilustrasi/ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Resep bakwan sehat tanpa tepung menarik untuk diketahui. Bakwan ini cocok untuk mereka yang sedang menjalankan diet atau ingin mengonsumsi gorengan yang lebih sehat.

Gorengan menang menjadi salah satu camilan favorit masyarakat Indonesia. Beragam jenis gorengan mulai dari bakwan, risol, tempe goreng, hingga tahu isi menjadi menu jajanan wajib.

Namun, dibalik kelezatannya tersebut, tersimpan banyak dampak buruk goreng terhadap kesehatan. Tidak hanya karena kandungan minyak namun juga tepung yang tinggi terutama pada bakwan.

Tepung menjadi bahan utama bakwan dan dicampur dengan sedikit sayuran berupa wortel dan kol. Hal itu membuat bakwan dianggap tidak sehat di luar kandungan minyak yang tinggi.

Ternyata, ada resep untuk membuat bakwan sehat tanpa tepung yang disarankan Dokter Zaidul Akbar. Dikutip dari akun YouTube JSR Store, Jumat (12/1/2024), dr Zaidul mengatakan penting untuk mengganti kebiasaan mengonsumsi minyak berlebihan dan terigu untuk kesehatan. 

"Saya mau buat resep baru Insya Allah bermanfaat tentunya tidak pakai tepung dan bahannya mudah didapatkan," ujar dr Zaidul Akbar.

Berikut resep bakwan sehat tanpa terigu ala dr Zaidul Akbar. 

Bahan: 

- 2 butir telur 
- 150 gr kol ungu 
- 100 gr wortel 
- 50 gr kucai 
- Garam secukupnya

Cara Membuat: 

1. Kocok telur dalam satu wadah. Iris tipis kol, wortel serta kucai. Campurkan semua bahan, tambahkan garam dan aduk hingga merata. 

2. Oleskan minyak ke wajan, ambil satu sendok penuh adonan dan tuang ke wajan, masak hingga matang. Bakwan siap disajikan.

Demikian resep bakwan sehat tanpa tepung ala dr Zaidul Akbar.

Artikel ini telah tayang di www.inews.id pada 11 Januari 2024

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut