get app
inews
Aa Read Next : Terima Kasih Tim Garuda!

Lupakan Ranking FIFA, Shin Tae-yong Pilih Fokus Kalahkan Irak

Minggu, 14 Januari 2024 | 19:32 WIB
header img
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong bersama Asnawi Mangkualam dalam sesi konferensi pers. (foto: pssi)

DOHA, iNewsKutai.id - Pelatih Tim nasional Indonesia Shin Tae-yong ogah memikirkan ranking FIFA saat menghadapi Irak. Alasannya, faktor tersebut bukan penentu hasil pertandingan.

Timnas Indonesia akan melakoni laga perdana Grup D Piala Asia 2023 melawan Irak di Stadion Ahmed bin Ali, Al-Rayyan, Senin (15/1/2023). Irak akan menjadi batu sandungan pertama yang wajib diatasi tim Garuda.

Di atas kertas, Irak sangat diunggulkan akan memenangkan pertandingan nanti. Hal ini mengacu pada pertemuan di babak kualifikasi Piala Dunia 2026 pada November lalu di mana Indonesia dicukur 5 gol tanpa balas.

Faktor lainnya adalah ranking FIFA kedua tim yang terpaut sangat jauh. Berdasarkan update terakhir FIFA pada 21 Desember 2023, Irak menempati peringkat 63 atau nomor tujuh di Asia. 

Sementara Indonesia berada di peringkat 146 dunia. Ranking FIFA tim Merah Putih bahkan menjadi kedua yang terendah dari seluruh kontestan Piala Asia 2023 setelah Hong Kong.

Menanggapi fakta tersebut, Shin Tae-yong ogah ambil pusing. Meski tidak menampik jika peringkat FIFA Irak jauh di atas timnya, dia optimistis anak asuhnya mampu memberikan kejutan pada Irak.

"Saya setuju selisih ranking yang sangat besar antara Irak dan Indonesia. Tentu saja, kemampuan kami juga berbeda (dengan Irak), semua orang tahu itu dan saya harus mengakuinya. Tapi kami  sudah siap menghadapi Irak besok," kata Shin Tae-yong dikutip dari laman PSSI, Minggu (14/1/2024).

Meski menjadi tim dengan kontestan termuda dan relatif lebih lemah di banding tim lainnya, namun pelatih asal Korea Selatan itu optimitis dengan potensi skuad Garuda.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut