get app
inews
Aa Read Next : Dua Helikopter Angkatan Laut Malaysia Tabrakan di Udara saat Latihan, 10 Personel Gugur

Pencarian Pesawat Smart Air, Kodam VI Mulawarman Kerahkan Helikopter

Sabtu, 09 Maret 2024 | 13:00 WIB
header img
Pencarian pesawat Smart Air yang hilang kontak di Tarakan kembali dilanjutkan, Sabtu (9/3/2024). (foto: flightradar24)

TARAKAN, iNewsKutai.id - Tim gabungan TNI/Polri, Basarnas dibantu warga setempat kembali melanjutkan pencarian pesawat Smart Air yang hilang kontak pada Jumat (8/3/2024) di Tarakan, Kalimantan Utara.

Untuk mempermudah pencarian, Kodam VI Mulawarman mengerahkan satu unit helikopter jenis Bell-412EPI untuk melakukan pemantauan dari udara. Heli ini menyusuri rute penerbangan pesawat dari Tarakan menuju Binuang, Nunukan.

"Tim SAR gabungan dengan menggunakan Helikopter jenis bell /412 EPI/HA/5224 dengan Koops Pengamanan Wilayah Perbatasan Darat RI - Malaysia dari TNI AD melakukan pencarian mulai pukul 08.30 WITA," jelas Kabid Humas Polda Kaltara Kombes Pol Budi Rachmat di Tanjung Selor, Bulungan dikutip dari Antara, Sabtu (9/3/2023).

Dia menjelaskan, pencarian dibagi menjadi dua yakni darat dan udara. Untuk jalur darat, dikerahkan 20 personel TNI, Brimob 10 personel, Polres 20 personel, tim BPBD sebanyak 10 personel dan SAR sebanyak enam personel.

Sementara pencarian lewat udara dilakukan menggunakan heli TNI AD, pesawat Smart PK SNG, dan Susi Air.

Selain itu, Tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dari Jakarta tiba di Bandara Malinau untuk melakukan koordinasi terkait dugaan hilangnya pesawat Smart Air.

"Di bandara Malinau dibuat Posko darurat yang diawaki personel gabungan Basarnas, BPBD Kabupaten Malinau , Polres Malinau dan Kodim 0910 Malinau," kata Budi.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut