get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Buka Puasa Tenggarong Kutai Kartanegara dan Sekitarnya Jumat 29 Maret 2024

Bank Indonesia Kaltim Siapkan Uang Tunai Rp4,7 Triliun untuk Kebutuhan Lebaran 2024

Selasa, 19 Maret 2024 | 08:04 WIB
header img
Bank Indonesia Perwakilan Kaltim menyiapkan uang tunai Rp4,7 triliun untuk memenuhi kebutuhan Lebaran. (Foto: ilustrasi/iNews.id)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kaltim menyiapkan uang tunai Rp4,7 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadhan hingga Lebaran 2024.

Hal tersebut untuk mengantisipasi meningkatkan kebutuhan masyarakat khususnya untuk penukaran uang tunai pecahan kecil. Jumlah tersebut meningkat dibanding 2023 lalu yang hanya Rp4,19 triliun.

"BI Kaltim menyiapkan uang tunai Rp4,7 triliun berbagai pecahan untuk mengantisipasi meningkatnya kebutuhan masyarakat dan penukaran uang jelang Lebaran," jelas Kepala Perwakilan BI Kaltim Budi Widihartanto dalam launching Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri (Serambi 2024), Senin (18/3/2024).

Budi mengatakan, bagi masyarakat yang ingin menukarkan uang pecahan kecil, Bank Indonesia telah menyediakan 343 titik penukaran yang tersebar tersebar di seluruh Kaltim.

"Uangnya pasti asli, tidak berkurang dan tanpa biaya. Ada 343 titik sudah kita siapkan. Penukaran sudah bisa dilakukan sampai 5 April 2024," pungkasnya.

Sementara itu, Sekda Kaltim Sri Wahyuni mengimbau masyarakat menukar uang di outlet resmi yang bekerjasama dengan BI. Dengan menukar uang di tempat resmi, maka tidak ada keraguan keamanan sekaligus jaminan bagi masyarakat terhadap uang yang ditukarkan.

"Tukar uang di tempat resmi yang ditunjuk BI tidak ada tambahan biaya dan dijamin keasliannya," katanya.

Untuk itu, BI bersama bank konvensional maupun syariah di Kaltim akan mengoperasikan mobil keliling guna melayani penukaran uang di seluruh kabupaten dan kota se Kaltim. 

"Ada ratusan titik yang tersebar untuk penukaran uang rupiah. Jadi jangan khawatir untuk berbagi uang lebaran nanti. Bank Indonesia sudah menyiapkannya," jelasnya.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut