get app
inews
Aa Read Next : Timnas Indonesia vs Irak di Piala Asia 2023: Menanti Pembuktian Shin Tae-yong

Shin Tae-yong Pening, Lini Pertahanan Timnas U-23 Keropos

Sabtu, 06 April 2024 | 13:09 WIB
header img
Lini pertahanan timnas U-23 keropos jelang putaran final Piala Asia U-23 di Qatar. (foto: pssi)

DUBAI, iNewsKutai.id - Pelatih timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong dibuat pening jelang putaran final Piala Asia U-23. Juru taktik asal Korsel itu tidak bisa menurunkan skuad terbaiknya.

Sejumlah pemain andalannya dipastikan absen dalam turnamen level usia tersebut. Shin Tae-yong dipastikan tidak bisa menggunakan jasa bek Justin Hubner dan Nathan Tjoe-A-On.

Cerezo Osaka klub asal Justin Hubner enggan melepasn pemainnya karena tenaga Justin dibutuhkan oleh klub asal Jepang tersebut di kompetisi lokal. 

Penolakan serupa juga disampaikan SC Heerenveen, klub asal Nathan. Penolakan ini cukup beralasan lantaran Piala Asia U-23 bukan agenda FIFA sehingga klub tidak wajib melepas pemainnya.

Caoch Shin juga kehilangan Elkan Baggott yang selama ini menjadi pilihan utama sejak babak kualifikasi. Pemain berdarah Inggris itu masih berkutat dengan cedera.

Alhasil, sektor pertahanan skuad Garuda Muda menjadi keropos. Hal ini tergambar jelas dalam laga uji coba kontra Arab Saudi di The Sevens Stadium, Dubai pada Jumat (5/4/2024) malam waktu setempat. Gawang Indonesia digelontor tiga gol.

Ketidakhadiran Justin Hubner dan Elkan Baggott secara otomatis hanya menyisakan Rizki Ridho sebagai satu-satunya pemain berpengalaman di level tertinggi.

"Memang ada masalah di lini belakang karena ada beberapa pemain yang tidak bisa bergabung. Jadi itu yang sedang dipikirkan bagaimana antisipasi lini belakang," kata Shin Tae-yong usai laga uji coba kontra Arab Saudi.

Shin Tae-yong memang tidak punya banyak pilihan bek tengah. Selain Rizky Ridho, hanya ada Muhammad Ferrari dan Komang Teguh. PSSI juga baru saja memanggil Kakang Rudianto untuk menambah kekuatan.

"Memang kami mengalami kesulitan (dalam memanggil pemain), tapi memang harus dipersiapkan," ujarnya.

Terkait hasil uji coba, Coach Shin mengaku dirinya belum puas dengan progres anak asuhnya. Menurutnya, untuk laga uji coba selanjutnya melawan Uni Emirat Arab, dirinya akan memainkan pemain inti dulu.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut