get app
inews
Aa Read Next : Kecelakaan di Tol Balikpapan-Samarinda Tewaskan Dokter Asal Jakarta, Sopir Jadi Tersangka

Rawan Lakalantas, Pengelola Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Imbau Pengendara Patuhi Batas Kecepatan

Sabtu, 13 April 2024 | 09:23 WIB
header img
Pengelola mengimbau pengendara yang melintasi Jalan Tol Balikpapan-Samarinda untuk mematuhi batas kecepatan. (foto: ist/jasamarga balikpapan)

BALIKPAPAN, iNewsKutai.id - PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS) mengimbau pengendara yang melintasi Jalan Tol Balikpapan-Samarinda untuk mematuhi batas kecepatan di jalan bebas hambatan tersebut.

Imbauan ini untuk meminimalisir potensi kecelakaan lalu lintas akibat kelalaian pengendara yang memacu kendaraannya melebihi batas kecepatan yang direkomendasikan yakni 80 kilometer per jam.

"Kami imbau kepada pengendara yang melintas di Jalan Tol Balikpapan-Samarinda untuk mematuhi aturan kecepatan dan jarak aman, serta mengikuti rambu-rambu lalu lintas," kata Direktur Utama PT JBS, Muhammad Taufiq dalam keterangannya dikutip Sabtu (13/4/2024).

Taufiq juga meminta pengguna tol untuk memeriksa kondisi kendaraan dan memastikan fit untuk berkendara. Selain itu, saldo uang elektronik wajib mencukupi agar tidak terhambat di gerbang tol.

"Kalau lelah, sebaiknya istirahat di rest area karena sudah disediakan , Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) di KM 36 arah Samarinda dan KM 37 arah Balikpapan," ujarnya dilansir laman Pemprov Kaltim.

Dia menambahkan, puncak arus lalu lintas di Jalan Tol Balikpapan-Samarinda terjadi pada hari ke-3 libur Lebaran, yaitu Jumat (12/4/2024). Sebanyak 9.057 kendaraan masuk melalui Gerbang Tol (GT) Palaran menuju Kota Balikpapan.

Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 4,02 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Lonjakan ini disebabkan oleh kunjungan ke sanak saudara di luar kota dan wisata ke destinasi favorit di sekitar tol. 

"Pengelola sudah menyiapkan langkah-langkah menghadapi puncak volume lalu lintas libur panjang Lebaran 2024 di Tol Balikpapan-Samarinda karena ini menjadi akses utama bagi masyarakat menuju wisata di Balikpapan dan sekitarnya," pungkasnya.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut