get app
inews
Aa Read Next : Selamatkan Anak Jatuh dari Kapal, Warga Samarinda Tenggelam saat Libur Lebaran

Tuai Penolakan Warga, Tugu Tongkonan Rumah Adat Toraja di Kota Bontang Dibongkar

Senin, 06 Mei 2024 | 18:52 WIB
header img
Tugu rumah adat tongkonan di persimpangan Jalan Damai, Kota Bontang akhirnya dibongkar. (foto: polres bontang)

BONTANG, iNewsKutai.id – Tugu rumah adat tongkonan di persimpangan Jalan Damai, Kota Bontang akhirnya dibongkar pada Sabtu (4/5/2024) lalu. Pembongkaran dilakukan menyusul penolakan keberadaan tugu rumah adat Tana Toraja tersebut oleh warga setempat.

Pembongkaran tersebut juga merupakan tindak lanjut dari titah Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura XXI Aji Muhammad Sulaiman untuk menjaga dan menjunjung budaya setempat di wilayah Kutai.

Penurunan tugu di Bontang Barat itu dilakukan langsung Ketua Ikat Kota Bontang Bapak Simon Matira dan Ketua Dewan Adat Toraja Ibu Ester Mandaw. Tugu diturunkan menggunakan satu unit crane.

Proses penurunan miniatur Tongkonan atau Kandian Dulang dilakukan setelah dilaksakannya ritual adat oleh Lembaga Adat Toraja pada Jumat 3 Mei 2024 sebagai tanda pelepasan dan penyerahan sepenuhnya kepada Pemerintah Kota Bontang.

Kasat Intelkam Polres Bontang AKP Yurisca Musiardillah dan Kapolsek Bontang Barat Iptu Hadi Esmoyo terjun langsung melakukan pengamanan penurunan tugu tersebut.

"Penurunan tugu ini menjadi kesepakatan bersama semua pihak dan merupakan keputusan Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura,"kata AKP Yurisca.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut