get app
inews
Aa Read Next : Pemprov Kaltim Kembali Kirim 4.500 Paket Bahan Pokok bagi Korban Banjir di Mahakam Ulu

Logsitik Korban Banjir Mulai Mengalir, 1.500 Paket Sembako Dikirim via Jalur Sungai

Jum'at, 17 Mei 2024 | 12:47 WIB
header img
Sebanyak 1.500 paket bantuan bagi korban banjir telah dikirim ke Mahakam Ulu pada Jumat (17/5/2024) pagi menggunakan kapal. (foto: ist/pemprov kaltim)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Bantuan logistik untuk korban banjir di Mahakam Ulu mulai mengalir. Sebanyak 1.500 paket bantuan dari Pemprov Kaltim telah dikirim ke Mahulu pada Jumat (17/5/2024) pagi menggunakan kapal.

Kepala Dinsos Kaltim, Andi Muhammad Ishak menjelaskan bahwa pengiriman 1.500 paket logistik ini merupakan tahap pertama dari total 6.000 paket logistik yang akan dikirim ke hulu Mahakam.

"Loading barang ke kapal KM Cahaya Dina baru selesai subuh tadi dan kapal berangkat dari Pelabuhan Sungai Kunjang sekitar jam 7 pagi. Direncanakan merapat di Kecamatan Laham," jelas Andi Muhammad Ishak dalam keterangannya, Jumat (17/5/2024).

Bantuan yang dikirimkan berupa kebutuhan pokok seperti beras, gula pasir, makanan kaleng, mie instan, minyak goreng, dan susu kental. Selain itu, bantuan juga meliputi barang-barang sumber APBN, antara lain tenda keluarga portabel, paket family kit, kids ware, kasur busa hingga selimut dengan total anggaran Rp273 juta.

Rombongan tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim bersama Badan SAR Nasional juga telah bergerak ke Kabupaten Mahakam Ulu melalui jalur darat, disusul oleh tim pembawa logistik dan tim kesehatan melalui Sungai Mahakam.

Gerak cepat Pemprov Kaltim ini menindaklanjuti instruksi Pj Gubernur Akmal Malik yang meminta penanganan cepat atas musibah banjir di Kabupaten Mahakam Ulu.

"Tentunya kita mengambil langkah cepat. Saya sudah perintahkan BPBD dan Dinsos mengonsolidasikan bantuan untuk warga. Segera eksekusi bantuan. Semoga bisa meringankan beban saudara kita di Mahakam Ulu yang ditimpa banjir. Harap sabar, karena medan juga cukup berat ke sana," ungkap Akmal Malik.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut