get app
inews
Aa Read Next : Terjun ke Sungai Mahakam, Penumpang KM Makassar C2 Ditemukan Tewas

KM Samarinda Tenggelam di Perairan Anambas, 3 Penumpang Tewas Tenggelam

Sabtu, 27 Juli 2024 | 13:23 WIB
header img
KM Samarinda berpenumpang 40 orang tengggelam di Perairan Matak, Anambas, Kepulauan Riau. (foto: MPI/M Fadly)

ANAMBAS, iNewsKutai.id - Kapal Motor (KM) Samarinda berpenumpang 40 orang tengggelam di Perairan Matak, Anambas, Kepulauan Riau, Jumat (26/7/2024). Tiga penumpang tewas dan satu orang dalam kondisi kritis.

Sementara 36 penumpang lainnya selamat dalam musibah tersebut. Korban tewas yakni, Siti Aisyah, Reva, dan Yurnalisa. Seluruh korban merupakan warga Matak, Anambas.

Kasubsie Siaga dan Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Natuna, Budiman menjelaskan, pihaknya menerima laporan kapal tenggelam sekitar pukul 17.20 WIB.  

KM Samarinda dilaporkan berangkat dari Pelabuhan Tarempa menuju Pelabuhan Palmatak dengan mengangkut 40 orang dan enam unit sepeda motor. Seluruh penumpang merupakan pekerja di Tarempa yang tinggal di Matak.

Dugaan sementara, kapal terbalik akibat oleng karena banyak penumpang kapal naik ke atas atap. Akibatnya, berat kapal menjadi tidak seimbang sehingga terbalik dihantam ombak.

"Lokasi kapal tenggelam dilaporkan pada koordinat 3°17.167' N 106°14.124' E. Mendapat informasi tersebut personel Pos SAR Anambas langsung bergerak menuju Lokasi menggunakan RIB 02," jelas Budiman dalam keterangan resminya.

Dalam video yang beredar di media sosial, puluhan penumpang sudah berada di dalam air. Sebagian bertahan di atas badan kapal yang masih mengapung. Sejumlah kapal yang melintas langsung mengevakuasi para korban.

Budiman mengatakan, SAR telah menggerahkan satu SRU menuju lokasi di Tarempa, Anambas untuk melakukan penyelamatan. 

"Saat ini Pos SAR Anambas masih berfokus pada upaya penyelamatan" ucapnya.

artikel ini telah tayang di inews.id

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut