get app
inews
Aa Read Next : Klarifikasi Penggunaan Jet Pribadi ke KPK, Kaesang Ngaku hanya Nebeng Teman

Bukan Jet Pribadi, Paus Fransiskus Tiba di Indonesia Naik Maskapai Komersial Alitalia

Selasa, 03 September 2024 | 12:18 WIB
header img
Pemimpin tertinggi Gereja Katolik dunia, Paus Fransiskus tiba di Indonesia Selasa (3/9/2024) menggunakan maskapai komersial. (foto: reuters)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Pemimpin tertinggi Gereja Katolik dunia, Paus Fransiskus tiba di Indonesia via Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, Selasa (3/9/2024) siang. 

Paus Fransiskus tidak menggunakan pesawat kenegaraan dalam kunjungan ini melainkan menggunakan maskapai penerbangan komersial milik Alitalia. Saat tiba di Soetta, dua anak berpakaian adat melakukan penyambutaan saat turun dari pesawat.

Keduanya memberikan buket hasil bumi berisi padi, cabai merah dan lainnya. Selain itu, tampak hadir menyambut Paus Fransiskus yakni Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, Dewan Pertimbangan Presiden Gandj Sulistiyanto, Duta Besar Indonesia untuk Tahta Suci Michael Trias Kuncahyono.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyambut kedatangan Paus Fransiskus di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten. (foto: tangkapan layar)

Selain itu, turut menyambut Uskup Agung Jakarta Kardinal Ignatius Suharyo serta Ketua Panitia Kunjungan Apostolik Paus Fransiskus ke Indonesia Ignasius Jonan.

Paus Fransiskus menyalami pejabat negara yang menyambut kedatangannya dan langsung menaiki mobil komersial yang disiapkan dan dijadwalkan menuju Kantor Kedutaan Besar (Kedubes) Vatikan.

Paus Fransiskus dijadwalkan berada Indonesia selama tiga hari hingga 6 September 2024. Sejumlah agenda akan dilakukan Paus dalam perjalanan apostoliknya di Jakarta.

Ini merupakan kunjungan ketiga pemimpin tertinggi gereja Katholik sepanjang sejarah. Sebelumnya, Paus pertama yang berkunjung adalah Paus Santo Paulus VI pada 3-4 Desember 1970. 

Kemudian Paus Santo Yohanes Paulus II yang berkunjung ke Indonesia pada 9-14 Oktober 1989. Setelah 35 tahun berselang, giliran Paus Fransiskus yang melakukan perjalanan apostolik ke Indonesia.

artikel ini telah tayang di inews.id

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut