get app
inews
Aa Read Next : Striker Australia Bikin Netizen Murka, Sindir Tradisi Timnas Indonesia Nyanyi Lagu Tanah Airku

Timnas Indonesia Tahan Imbang Arab Saudi, Maarten Paes Gemilang Gagalkan Penalti

Jum'at, 06 September 2024 | 05:57 WIB
header img
Ragnar Oratmangoen dan Witan Sulaiman merayakan gol ke gawang Arab Saudi. Indonesia berhasil menahan imbang Arab Saudi dengan skor 1-1. (foto: timnas indonesia)

JEDDAH, iNewsKutai.id - Hasil positif diraih timnas Indonesia pada matchday pertama babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Tim Garuda menahan imbang Arab Saudi dengan skor 1-1 pada Jumat (6/9/2024) dinihari.

Gol tunggal Indonesia dicetak Ragnar Oratmangoen dalam laga yang berlangsung di King Abdullah Sports City, Jeddah. Ini merupakan gol keduanya sejak berseragam Tim Merah Putih.

Hasil ini juga tidak lepas dari kegemilangan penjaga gawang Maarten Paes yang tampil debut. Selain melakukan berbagai penyelamatan, kiper Dallas FC itu juga berhasil menggagalkan sepakan penalti Arab Saudi.

Selain itu, secara umum, seluruh pemain tampil solid dalam laga ini menahan gempuran Arab Saudi yang notabene merupakan tim papan atas Asia. Tidak heran, Pelatih Shin Tae-yong menurunkan memainkan komposisi pemain terbaiknya dalam laga ini.

Pada laga tersebut, Arab Saudi langsung mengambil inisiatif menyerang sejat peluit tanda pertandinyan dimulai dibunyikan wasit. Agresifitas lawan direspons Shin Tae-yong dengan menerapkan strategi bertahan dan mengandalkan serangan balik.

Taktik ini terbukti jitu. Meski terus diserang, Indonesia lebih dulu unggul pada menit 19 lewat skema serangan balik cepat melalui Witan Sulaiman. Dia langsung mengirim bola ke Ragnar yang berlari di area kotak penalti. 

Tanpa banyak gocekan, Ragnar melepaskan tendangan keras dan membentur badan Sandy Walsh hingga masuk ke gawang Arab Saudi. Indonesia unggul satu gol.

Berhasil mencetak gol membuat kepercayaan diri skuad Garuda meningkat. Kombinasi Witan dan Rafael Struick kembali mengancam pada menit 34. Sayangnya, gagal membuahkan gol.

Pasukan Roberto Mancini akhirnya berhasil menyamakan kedudukan pada masa injury time paruh pertama. Musab Al Juwayr berhasil menaklukkan Paes. Skor imbang 1-1 menutup paruh pertama. 

Pada babak kedua, Arab Saudi kembali mendikte permainan. Petaka menghampiri timnas Indonesia pada menit 77 setelah Arab Saudi mendapat hadiah penalti.

Paes dinilai melakukan pelanggaran saat menyapu bola. Beruntung, Paes bisa membayar kesalahannya dengan menggagalkan tendangan penalti Arab Saudi. 

Paes kembali menunjukkan kualitasnya di menit 90+3 setelah berhadapan satu lawan satu dengan pemain Arab Saudi. Dia berhasil mengagalkan sepakan lawan menjadi gol.

Skor 1-1 bertahan hingga akhir pertandingan. Berhasil mencuri satu poin membawa Indonesia bertengger di peringkat 4 klasemen sementara Grup C babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Jepang menjadi pemuncak klasemen sementara disusul Bahrain, dan Arab Saudi. Di peringkat lima ada Australia yang secara mengejutkan digebuk Bahrain dan China di dasar klasemen menyusul kekalahan memalukan 7 gol dari Jepang.
 

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut