get app
inews
Aa Read Next : Jelang Pilkada Serentak 2024, Jokowi Naikkan Tunjangan Anggota KPU 50 Persen

Rapat Pemilihan Ketua Tak Sampai 1 Menit, Hasyim Asy'ari Ditunjuk Pimpin KPU

Selasa, 12 April 2022 | 21:41 WIB
header img
Komisi Pemilihan Umum. (Foto: Inews.id)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Rapat pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) memutuskan menunjuk Hasyim Asy'ari sebagai ketua periode 2022-2027. Rapat pemilihan ketua tersebut berlangsung tidak sampai satu menit.

Ketua rapat pleno, Mochammad Afifudin mengungkapkan, proses pemilihan ketua berlangsung kurang satu menit. Seluruh anggota sepakat menunjuk Hasyim Asy'ari sebagai ketua. 
 
"Proses  pemilihan ketua, alhamdulillah dalam waktu kurang dari 1 menit.
Kegiatan selanjutnya pengambilan keputusan secara kolegial akan dipimpin Hasyim Asy'ari," jelasnya dalam acara serah terima jabatan yang digelar di kantor KPU RI, Selasa (12/4/2022). 

Tidak hanya KPU, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) juga melakukan pemilihan ketua. Rahmat Bagja akhirnya dipilih sebagai Ketua Bawaslu 2022-2027.  

"Bapak Rahmat Bagja diberi amanah untuk memastikan proses kolektif kolegial kepemimpinan Bawaslu RI dapat berjalan sebaik-baiknya sebagai langkah memastikan pengawasan kualitas demokrasi kita akan mengalami kemajuan," kata Anggota Bawaslu Lolly Suhenty dalam jumpa persnya secara daring, Selasa (12/4/2022). 

Anggota Bawaslu RI lainnya, Puadi menyampaikan bahwa dalam rapat pleno ini,  pihaknya sangat cair dalam menentukan sosok ketua Bawaslu. Sehingga, praktis tak ada perbedaan pendapat. "Pada saat mentukan proses pleno tidak ada perdebatan dalam menentukan ketua Bawaslu RI," ujar Puadi.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut