get app
inews
Aa Read Next : Waspada Cuaca Buruk, Empat Wilayah di Kaltim Potensi Hujan Petir

Peringatan Dini BMKG: Wilayah Kaltim Waspada Potensi Hujan Lebat, Dampak Siklon Tropis Malakas

Sabtu, 16 April 2022 | 16:06 WIB
header img
BMKG memperingatkan potensi hujan lebat di seluruh wilayah Kalimantan Timur dalam beberapa hari kedepan. (foto: ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan potensi hujan lebat di seluruh wilayah Kalimantan Timur dalam beberapa hari kedepan. Cuaca buruk ini merupakan dampak gangguan atmosfer berupa siklon tropis.

BMKG menjelaskan, salah satu gangguan atmosfer di wilayah Indonesia adalah Siklon Tropis Malakas. Kondisi atmosfer mempunyai kecepatan ini maksimum hingga 8.500 knot atau 157 km per jam dengan tekanan 950 pascal berada di samudra Pasifik Timur Filipina dan bergerak ke arah Timur laut Jepang menjauhi wilayah Indonesia. 

Dinamika atmosfer tersebut dapat memengaruhi cuaca di wilayah Indonesia. 

“Gangguan atmosfer berupa siklon tropis diperkirakan masih tetap muncul dalam beberapa hari ke depan,” tulis BMKG lewat akun media sosial resminya, Sabtu (16/4/2022). 

Siklon ini berpotensi memincu hujan lebat yang diperkirakan terjadi di Kaltim, Sumatera bagian Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi bagian Tengah, dan Papua bagian Selatan. 

BMKG juga memperkirakan dalam sepekan ke depan cuaca akan didominasi dengan cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan di wilayah Jawa Timur, Bali kepulauan Nusa Tenggara dan Sulawesi bagian selatan. 

Sementara itu, hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diperkirakan terdapat di Sumatera bagian Utara dan Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, sebagian besar Kalimantan, Sulawesi bagian Utara, Kepulauan Maluku, Papua Barat, dan Papua bagian Utara.

Siklon Tropis Malakas saat ini berada di Samudra Pasifik Timur Tengah yang juga dapat memberikan dampak berupa gelombang tinggi hingga 4 meter terutama untuk wilayah Samudera Pasifik, di utara Halmahera, hingga Utara Papua.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut