get app
inews
Aa Read Next : Samarinda Dikepung Banjir, Jalur Menuju Bontang Lumpuh

Kebut Proyek Penanggulangan Banjir Samarinda, Pemkot Bongkar Jembatan Gang Nibung

Rabu, 18 Mei 2022 | 16:32 WIB
header img
Petugas membongkar jembatang Gang Nibung, Kota Samarinda, Rabu (18/5/2022). (foto: ist)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Pemkot Samarinda akhirnya membongkar jembatan Gang Nibung di Jalan dr Sutomo, Rabu (18/5/2022). Pembongkaran ini merupakan bagian dari upaya normalisasi Sungai Karang Mumus untuk mengendalikan banjir di Kota Tepian.

Selama ini, jembatan konstruksi kayu tersebut merupakan akses alternatif warga setempat jika ingin menyeberang ke Jalan dr Sutomo. Selain jembatan, sejumlah bangunan liar juga dibongkar personel Satpol PP dibantu anggota TNI/Polri. 

Wali Kota Samarinda Andi Harun mengatakan, Pemkot sudah menganggarkan pembangunan jembatan pengganti dan akan dibangun dalam waktu dekat. Dia meminta agar masyarakat tidak resah dengan pembongkaran tersebut.

Andi Harun menegaskan, selama pembongkaran hingga pembangunan, warga masih bisa menggunakan sejumlah akses jalan meski harus memutar agak jauh. 

“Tahun ini Jembatan pengganti akan kita bangun dan jauh lebih bagus. Sebentar lagi paling akan dimulai pekerjaan ini agar warga punya akses jalan alternatif seperti semula,” jelasnya disela meninjau pembongkaran jembatan.

Menurut dia, pembongkaran tersebut sudah mendesak agar proyek penanggulangan banjir di Sungai Karang Mumus sektor Gang Nibung – Ruhui Rahayu bisa berjalan. Dia juga tidak menampik adanya protes sejumlah warga atas pembongkaran tersebut. Namun, Andi Harun memastikan tidak ada kendala yang berarti dalam proses pembongkaran.

“Ada warga yang meminta agar ditunda, cuma kita memberi pengertian bahwa jalan kan masih ada akses. Kalau jembatan dipertahankan, pekerjaan akan macet, sementara pekerjaan penanggulangan banjir di segmen Gang Nibung–Ruhui Rahayu ini lebih mendesak dan juga untuk kepentingan orang banyak,” pungkasnya.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut