get app
inews
Aa Read Next : Densus 88 Antiteror Baku Tembak dengan Teroris di Lampung, 2 Orang Tewas

Kelompok Teroris Galang Dana Modus Kemanusian, Masyarakat Diimbau Hati-Hati Menyumbang

Kamis, 26 Mei 2022 | 20:28 WIB
header img
Mabes Polri mengimbau warga mewaspadai modus penggalangan dana kelompok teroris. (foto: ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Modus penggalangan dana kelompok teroris yang kerap mengatasnamakan kemanusiaan atau berkedok lembaga, semakin marak. Masyarakat diimbau untuk lebih berhati-hati dalam menyumbangkan dananya agar tidak salah sasaran.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan, berkaca pada penangkapan simpatisan kelompok teroris yang dilakukan Densus 88 Antiteror Polri terhadap mahasiswa di Malang, modus baru penggalangan dana tengah berlangsung. 

"Masyarakat harus memahami bahwa ada penggalangan dana yang berkedok kemanusiaan yang juga merupakan afiliasi dari kelompok teroris," katanya di Jakarta, Kamis (26/5/2022). 

Ramadhan menjelaskan, penggalangan dana tersebut kerap disalahgunakan untuk mendanai kelompok teroris dalam melancarkan segala kegiatannya.  "Penggalangan dana tersebut akan didukung untuk kegiatan yang mendukung kegiatan teroris," ujar Ramadhan. 

Ramadhan mencontohkan, dana yang terkumpul tersebut akan dijadikan biaya untuk pelatihan, pembelian senjata dan penyembunyian anggota-anggota kelompok tersebut. 

"Seperti pemberangkatan para jihad ke medan pertempuran, pelatihan teroris dan juga untuk mendukung penyembunyian para DPO, pembelian senjata," ucap Ramadhan.

 Sebelumnya diberitakan, IA mahasiswa UB diamankan di rumah kosnya di Perumahan Dinoyo Permai Kavling 2 Nomor 7 pada Senin siang sekitar pukul 12.00 WIB. IA disebut Densus 88 salah satu anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD) dan merupakan penyebar propaganda paham ISIS di kalangan anak muda dan mahasiswa. Dia duga diduga ikut mengumpulkan dana untuk membantu organisasi ISIS di Indonesia.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut