get app
inews
Aa Read Next : Setelah Korea, Kaltim Ekspor Perdana Rumput Laut ke China

Viral Ratusan WNA China Pakai APD di Bandara Soetta, Ada Apa?

Senin, 06 Juni 2022 | 22:03 WIB
header img
WNA China di Bandara Soetta. (Foto: doc. iNews.id)

TANGERANG, iNewsKutai.id - Viral rekaman video puluhan warga negara China mengenakan pakaian Alat Pelindung Diri (APD) di Bandara Soekarno-Hatta Jakarta. Meski tidak disertai penjelasan lengkap, namun rekaman tersebut mengundang perhatian netizen.

Usut punya usut, WNA China tersebut hendak terbang pulang ke negaranya. Video tersebut direkam sesaat sebelum 191 WNA kembali ke China menggunakan pesawat Xiamen Airlines dengan nomor penerbangan MF8008 rute Jakarta-Fuzhou. 

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta, Muhammad Tito Andrianto menjelaskan, WNA tersebut menggunakan APD sesuai regulasi di China karena saat ini terjadi ledakan kasus Covid-19. 

Menurut dia, hal tersebut menjadi persyaratan utama untuk bisa masuk China di tengah lockdown yang kembali diterapkan.

“Rombongan WNA ini datang dan tinggal di Indonesia dengan menggunakan Izin tinggal yang sah, ada yang menggunakan visa kunjungan dan ada yang menggunakan VITAS," ucap Tito, Senin (6/6/2022). 

Selain menggunakan izin masuk yang sah, Kanim Soetta juga memastikan proses pemeriksaan kepulangan ratusan WNA tersebut telah sesuai dengan SOP pemeriksaan yang ada. Semua WNA telah melewati pemeriksaan di konter pemeriksaan Imigrasi. 

“Menjaga pintu gerbang negara Indonesia merupakan amanah yang selalu kami pegang dalam menjalankan tugas di tempat pemeriksaan imigrasi," tutur Tito.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut