get app
inews
Aa Read Next : PDI Perjuangan Pecat Jokowi dan Gibran sebagai Kader, Komaruddin: Dua Kali Berbohong

Megawati Jadi Dewan Pengarah BPIP hingga 2027, Lampaui Masa Jabatan Presiden Joko Widodo

Selasa, 07 Juni 2022 | 12:07 WIB
header img
Megawati Soekarnoputri akan kembali dilantik jadi Dewan Pengarah BPIP. (foto: Antara).

JAKARTA, iNewsKutai.id - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri didaulat menjadi Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Megawati yang dilantik untuk kali kedua akan menjabat hingga 2027 atau melampaui masa jabatan Presiden Joko Widodo yang berakhir Oktober 2024.

Rencananya, selain Megawati, Yudian Wahyudi juga disebut akan kembali dilantik sebagai kepala bersama sejumlah pejabat BPIP periode 2022-2027. Pelantikan akan dilakukan Jokowi di Istana Negara, Jakarta Selasa (7/6/2022) pukul 14.30 WITA hari ini. 

"Ya (Presiden Jokowi melantik Dewan Pengarah, Kepala dan Wakil Kepala BPIP masa jabatan 2022-2027 hari ini)," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada wartawan, Selasa (7/6/2022). 

Selain Megawati dan Yudian, mereka yang akan dilantik antara lain Karjono sebagai wakil kepala. Lalu pada Dewan Pengarah yakni Try Sutrisno, Wisnu Bawa Tenaya, Said Aqil Siradj, Sudhamek, Andreas Anangguru Yewangoe, Rikard Bagun dan Muhammad Amin Abdullah. 

Sekadar diketahui, BPIP merupakan salah satu lembaga di Indonesia yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden. Bersamaan dengan momentum peringatan Hari Lahir Pancasila berikut serba-serbi mengenai BPIP. 

BPIP bertugas membantu Presiden dalam merumuskan arah kebijakan pembinaan ideologi Pancasila. Selain itu, BPIP juga melaksanakan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian pembinaan ideologi Pancasila secara menyeluruh dan berkelanjutan.

BPIP juga melaksanakan penyusunan standardisasi pendidikan dan pelatihan, menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan, serta memberikan rekomendasi berdasarkan hasil kajian terhadap kebijakan atau regulasi yang bertentangan dengan Pancasila kepada lembaga tinggi negara, kementerian/lembaga, pemerintahan daerah, organisasi sosial politik, dan komponen masyarakat lainnya.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut