Logo Network
Network

Siap-siap, Tarif Listrik Golongan Pelanggan PLN Ini Bakal Naik

Suparjo Ramalan
.
Rabu, 08 Juni 2022 | 17:00 WIB
Siap-siap, Tarif Listrik Golongan Pelanggan PLN Ini Bakal Naik
Tarif listrik untuk pelanggan golongan 3.000 VA bakal naik. (Foto: Ist).

JAKARTA, iNewsKutai - Pemerintah memastikan akan menaikkan tarif listrik untuk golongan 3.000 VA dan di atasnya. Alasannya, subsidi hanya diberikan kepada masyarakat kurang mampu.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyatakan jika pemerintah hanya akan memberikan subsidi listrik bagi masyarakat kelas menengah ke bawah. Golongan ini dikategorikan dengan konsumsi listrik di bawah 3.000 VA.

Menurut dia, sangat tidak elok jika pemerintah tidak memberikan subsidi listrik bagi masyarakat kelas menengah ke atas  yang notabene memiliki kemampuan finansial yang baik. 

"Hari ini kan bukan eranya lagi kita mensubsidi rakyat yang mampu," ungkap Erick dikutip, Rabu (8/6/2022). 

Erick menyebut kemungkinan pemerintah tak lagi memberikan subsidi kepada pelanggan dengan golongan 3.000 VA dan di atasnya. Menurutnya, keputusan soal tarif listrik memerlukan sinkronisasi dengan Kementerian ESDM dan Kementerian Keuangan. 

"Isu mengenai harga listrik untuk yang mampu tidak disubsidi, itu pun kita harus sinkronisasi sampai ada keputusan yang dirapatkan di kemudian hari. Dinamika seperti ini kadang-kadang ya kami pun harus menjaga keseimbangan itu, tapi tanpa menyalahkan siapa-siapa, yang namanya dinamika, biasa," tutur dia. 

Menurutnya, kenaikan harga listrik golongan tertentu ini sama halnya dengan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamax. Namun begitu, pemerintah tetap menjaga agar harga energi ini tetap stabil, di luar harga pasar atau keekonomian secara global. 

Demikian pula dengan BBM jenis Pertalite yang belum dinaikan. Padahal, harga minyak mentah dunia diprediksi mencapai USD140 per barel. "Harga BBM bensin udah sampe berapa? Di kita masih kita jaga," katanya.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News

Bagikan Artikel Ini