Pria Ini Auto Jago Matematika Usai Jadi Korban Perampokan, Kok Bisa?

Inas Rifqia Lainufar
Jason Padgett mendadak menjadi ahli matematika usai menjadi korban perampokan. (foto: bbc)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Matematika menjadi pelajaran yang paling dibenci Jason Padgett. Namun, siapa sangka insiden perampokan justru membuat pria asal Amerika Serikat itu malah menjadi ahli ilmu pasti.

Dilansir iNews.id dari BBC, Rabu (18/10/2022), awal Jason Padgett yang tinggal di Tacoma, Washington merupakan penjual kasur futon. Sejak kecil, ia sangat membenci matematika dan tak pernah terpikir akan menjadi ahli matematika

Bahkan dia berpikir mempelajari matematika adalah hal terbodoh. Tidak heran, kehidupan masa mudanya hanya berkutat seputar pesta, mabuk-mabukan, dan wanita. Kebiasaan buruk itu pula yang membuatnya tertimpa musibah.

Saat Padgett dan teman-temannya hendak pesta di sebuah pada 13 September 2002 silam, mereka tiba-tiba diserang dan dirampok oleh dua pria di jalanan. Saat itu, dia terkena pukulan benda tumpul di kepala bagian belakang.

Dalam kondisi nyaris pingsan, Padgett masih sempat menuju rumah sakit. Setelah menjalani pemeriksaan, dokter mendiagnosanya mengalami gegar otak. Dia kemudian dirawat hingga akhirnya pulih.

Namun, kondisi psikologisnya mengalami masalah. Dia menjadi takut dengan dunia luar dan menderita obsessive compulsive disorder. Dia juga melihat segala sesuatu dengan caranya berbeda. Dia melihat dunia tampak seperti video game retro.

Dia terpesona oleh hal-hal sederhana yang kebanyakan orang bahkan tidak menyadarinya seperti tetesan air hujan yang jatuh di genangan air. Melalui mata Padgett, genangan air berubah menjadi pola beriak yang kompleks, tumpang tindih, dan membentuk bentuk seperti bintang atau kepingan salju.

Karena hal tersebut, Padgett mulai memikirkan pertanyaan-pertanyaan besar dalam kaitannya dengan matematika dan fisika. Ia pun belajar matematika melalui internet secara otodidak. Hingga pada suatu hari, putrinya bertanya kepadanya bagaimana layar TV bisa menampilkan gambar. 

Mendengar pertanyaan tersebut, Jason Padgett merasa terdorong untuk mengeksplorasi konsep menarik tersebut lebih jauh, sehingga ia mulai menggambar dan terus menggambar.

Pada suatu hari, Jason Padgett yang melakukan perjalanan dengan membawa hasil gambarnya. Tak disangka, seorang pria yang merupakan ahli fisika melihat gambar itu dan merasa takjub karenanya.  

Ahli fisika tersebut langsung mendesak Jason Padgett untuk mengambil kelas matematika. Jason Padgett yang tertarik mulai mengambil kelas di Community College. Dari sanalah, ia akhirnya menjadi ahli matematika yang hebat. Tak hanya itu, Jason Padgett juga mendapatkan bantuan psikologis untuk mengatasi OCD-nya.

(Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul : Jason Padgett, Pria yang Menjadi Jenius Usai Gegar Otak)
 

Editor : Abriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network