3 Gejala Penyakit Diabetes, Waspada Jika Mudah Lapar

Annastasya
3 gejala umum terkena penyakit diabetes. (foto: ilustrasi/ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Gejala penyakit diabetes penting diketahui ditengah meningkatnya jumlah penderita. Bahkan, Indonesia berada di peringkat 5 dunia jumlah pasien penyakit gula.

Penyakit diabetes adalah kondisi di mana kadar glukosa di dalam darah kita melonjak tinggi. Ketika terkena diabetes, tubuh tidak mampu memproduksi insulin yang cukup. 

Insulin yang dihasilkan oleh kelenjar pankreas tidak berfungsi efektif sehingga tidak mampu lagi mengontrol kadar gula darah. Jika sudah parah, penyakit ini bisa memicu komplikasi yang merusak organ penting dan bisa berakibat sangat fatal.

Secara umum, diabetes memiliki tiga kategori yaitu tipe 1, tipe 2, dan tipe gestasional. Pada tipe 1, tubuh kita tidak dapat memproduksi insulin sama sekali. 

Sedangkan tipe 2, insulin yang dihasilkan tidak efektif atau kurang. Sedangkan tipe gestasional umumnya dialami oleh wanita yang sedang mengalami kehamilan. 

Dokter Jeffri Aloys Gunawan, Sp.PD, CHt, FINASIM mengungkapkan, ada tiga gejala utama terkena penyakit diabetes yang patut diwaspadai. Tanda-tanda ini disimbolkan dengan 3P.

Editor : Abriandi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network