Bill Gates Prediksi Pandemi Covid-19 Berakhir Tahun Depan

Syarifudin, Sindonews
Co-founder Microsoft Bill Gates memprediksi pandemi Covid-19 berakhir pada 2022. (foto : reuters)

WASHINGTON, iNewsKutai.id - Co-founder Microsoft Bill Gates memprediksi pandemi Covid-19 akan berakhir tahun depan. Syaratnya, setiap negara harus merespons cepat perkembangan varian Omicron yang kini memicu gelombang ketiga pasien virus corona di seluruh dunia.

Dalam dua tahun terakhir, Bill Gates memang menjadi salah satu yang paling berpengaruh dalam respons global terhadap pandemi virus corona. Gates yang tidak memiliki pelatihan medis dan bukan seorang ahli epidemiologi bahkan mendirikan Covid-19 Therapeutics Accelerator pada 2020. 

Melalui yayasannya, dia telah berkomitmen menyumbangkan dana lebih dari USD1,75 miliar untuk membantu memerangi corona. Dengan filantropis dan ketenarannya, Gates memiliki akses untuk berkonsultasi dengan pakar terbaik dalam menangani pandemi.

Menyikapi perkembagan pandemi, varian Omicron lantas kembali membuatnya khawatir. Dalam serangkaian tweet pada Selasa (21/12/2021), Gates memberikan wawasan terbaiknya tentang bagaimana hari, bulan, dan tahun mendatang dapat terungkap. 

Omicron pertama kali dilaporkan ke Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 24 November, dan sejak itu menjadi strain dominan dalam waktu kurang dari sebulan. Dibandingkan dengan Omicron, varian Delta terbukti lebih menular daripada varian Alpha yang digantikannya saat itu. 

Peringatan Gates adalah salah satu statistik sederhana dan kenyataan bahwa Omicron hanya dipelajari untuk waktu yang singkat. Meskipun ada harapan Omicron kurang mematikan daripada varian Delta, perlu diingat bahwa varian Delta lebih menular dan mematikan daripada strain Alpha yang digantikannya. 

Sementara Gates percaya beberapa bulan ke depan bisa suram, dia menawarkan optimisme untuk 2022. Dia menggarisbawahi, kemampuan Omicron bergerak "cepat" akan menunjukkan gelombang terbaru dapat "berlangsung kurang dari 3 bulan." 

"Beberapa bulan itu bisa jadi buruk, tapi saya tetap percaya jika kita mengambil langkah yang tepat, pandemi bisa berakhir pada 2022," ujar Gates. 

“Saya tahu ini membuat frustrasi untuk memasuki musim liburan lagi dengan COVID membayangi kita. Tapi selamanya tidak akan seperti ini. Suatu hari pandemi akan berakhir, dan semakin baik kita menjaga satu sama lain, semakin cepat waktunya akan tiba,” pungkas dia.

Editor : Abriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network