Viral Materi Stand Up Diduga Hina Nabi Muhammad, Komika Aulia Rakhman Dijemput Polisi

Ira Widyanti/Abriandi
Komika asal Lampung, Aulia Rakhman dijemput polisi menyusul materi stand up yang diduga menghina Nabi Muhammad SAW. (foto: ist)

BANDARLAMPUNG, iNewsKutai.id - Komika asal Lampung, Aulia Rakhman dijemput polisi menyusul materi stand up yang diduga menghina Nabi Muhammad SAW. 

Aulia diperiksa penyidik Subdit I Keamanan Negara (Kamneg) Ditreskrimum Polda Lampung sejak Jumat (8/12/2023) malam. Sebelum dijemput polisi, komika tersebut sempat menyampaikan permintaan maaf kepada publik.

"Yang bersangkutan (Aulia Rakhman) sejak tadi malam sudah kami amankan. Dia dimintai keterangan terkait video (dugaan penghinaan Nabi Muhammad) tersebut," jelas Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Umi Fadillah Astutik, Sabtu (9/12). 

Umi mengatakan, langkah mengamankan Aulia dilakukan Polda Lampung tidak hanya untuk pemeriksaan terkait video stand up-nya yang viral namun juga untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

Dia pun meminta semua pihak untuk bersabar dan menahan diri, serta mempercayakan penyelidikan kasus dugaan penghinaan tersebut ke Polda Lampung. 

Umi juga meminta kepada netizen untuk tidak menyebarkan ujaran kebencian dan fitnah terkait kasus ini. 

"Kami mengimbau semua pihak menahan diri. Beri polisi kesempatan bekerja untuk mengetahui maksud perbuatan yang bersangkutan," ungkapnya. 

Informasi yang dihimpun, video viral Aulia Rakhman yang diduga menghina Nabi Muhammad itu dibawakan saat tampil pada acara Desak Anies di kafe Bento Kopi, Jalan Pulau Sebesi, Kecamatan Sukarame, Kota Bandarlampung, Kamis (7/12). 

Video itu kemudian diunggah salah satu akun Tiktok dan viral. Dalam materinya, Aulia mengatakan sebuah nama tidak ada artinya. Dia menyebutkan nama Muhammad banyak yang masuk penjara. 

"Sebenarnya arti nama Aulia itu bagus ya pemimpin, sahabat, orang yang dicintai. Cuman kan selama ini arti nama kayak penting aja gitu yah, coba lo cek penjara ada berapa nama yang namanya Muhammad di penjara, kayak penting aja nama Muhammad sekarang yah, udah dipenjara semua," ucapnya. 

Sontak, materi stand up tersebut membuat netizen dan sejumlah tokoh menyesalkan aksi Aulia Rakhman yang dinilai menghina nama Nabi Muhammad. 

Netizen mempersoalkan kalimat terakhir dari materi stand up tersebut yang dinilai mengarah pada penghinaan.

Sadar videonya menuai kemarahan publik, Aulia Rakhman langsung membuat video minta maaf ke publik melalui akun Instagram @auliarakhman90. 

"Saya mohon maaf kepada umat Islam secara keseluruhan, agama lain, tidak ada maksud menghina Nabi Muhammad atau menistakan agama saya. Saya menyadari kesalahan saya, saya mohon maaf kepada umat Islam, kepada semua yang mencintai Nabi Muhammad SAW,” ucapnya. 

Aulia Rakhman kemudian menyebut dirinya tak bermaksud menghina nama Nabi Muhammad SAW. 

"Saya hanya bermaksud menyindir orang yang sekarang ini banyak memiliki nama Muhammad, cuma mereka kelakuannya tidak mencerminkan arti dari nama tersebut. Saya menyesali perbuatan saya, menyesali apa yang telah saya sampaikan di acara tersebut,” katanya.

Editor : Abriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network