Hati-hati, Hacker Bisa Retas WhatsApp lewat Akun Facebook Modus Tawaran Pekerjaan

Wahyu Budi Santoso
Hacker dilaporkan bisa meretas nomor WhatsApp melalui akun Facebook. (foto: ilustrasi/ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Peretasan WhatsApp (WA) masih menjadi topik hangat. Terbaru, terungkap jika hacker bisa meretas nomor WA melalui akun Facebook.

Portal berita CNA melaporkan, taktik penipuan baru yang menyebabkan akun WhatsApp diretas ini menggunakan modus tautan link daftar pekerjaan palsu di Facebook. 

Korban akan diinstruksikan untuk mengunduh file Android Package Kit (APK) melalui WhatsApp yang kemudian dapat mencuri data pribadi pengguna. 

"Korban melihat lowongan pekerjaan di Facebook dan menghubungi nomor WhatsApp yang diberikan. Tanpa sepengetahuan korban, file APK tersebut berisi perangkat lunak Malware yang memungkinkan penipu mengekstrak data dari ponselnya,"tulis CNA dalam laporannya dikutip Senin (6/5/2024).

Korban mengunduh file Android Package Kit (APK) melalui WhatsApp dengan tujuan mendapatkan data pribadi mereka. Setelah menginstal perangkat lunak Malware, layar ponsel akan tertutup dan mereka kemudian kehilangan kendali ponsel tersebut. 

"Dalam beberapa kasus, aplikasi WhatsApp dihapus dari ponsel dan korban baru menyadari akun WhatsApp miliknya telah diretas ketika ada kontak yang melaporkan menerima pesan yang menyatakan korban ingin meminjam uang,” ujarnya. 

Polisi pun menyarankan masyarakat untuk menggunakan fitur verifikasi dua langkah pada akun WhatsApp masing-masing. Selain itu, kata dia, masyarakat juga diminta berhati-hati terhadap permintaan yang tidak wajar meski dikirimkan melalui kontak WhatsApp. 

Editor : Abriandi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network