Positif Covid-19 Gejala Ringan, Warga Diimbau Isolasi Mandiri di Rumah

Abriandi
Fasilitas isolasi terpusat di Stadion Sempaja, Kota Samarinda. (foto: ist)

SAMARINDA, iNewsKutai - Dinas Kesehatan Kaltim mengimbau warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 untuk melakukan isolasi mandiri jika hanya menunjukkan gejala ringan atau sedang. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan fungsi fasilitas Isolasi Terpusat (Isoter) di Kompleks Stadion Sempaja, Kota Samarinda.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kaltim, Masitah mengatakan, meski Isoter sudah disiapkan Pemprov, namun masyarakat diharapkan bisa melakukan isolasi mandiri jika terpapar Covid-19 dalam katagori ringan atau sedang.

"Jika gejalanya ringan dan bisa isolasi mandiri, kami harapkan cukup isoman di rumah. Fasilitas isoter ini dikhususnya bagi warga yang memang tidak bisa melakukan isoman karena terkendala tempat dan tidak memerlukan penanganan medis," jelasnya, Jumat (18/2/2022).

Sementara itu, fasilitas isoter di Kompleks Stadion Sempaja dioperasikan secara resmi. Fasilas berupa wisma atlet yang disulap menjadi lokasi isoter berupa gedung dua unit berkapasitas 192 kamar dengan 384 unit tempat tidur.

Kadispora Kaltim Agus Tianur mengatakan, fasilitas ini sebagai wadah karantina penanganan dan pelayanan bagi pasien positif Covid-19, khususnya bergejala ringan dan tidak perlu penanganan rumah sakit.

Agus berharap warga yang terpapar virus corona dan tidak bisa melakukan isoman di rumah, maka dapat dirujuk ke Isoter Stadion Sempaja. "Sesuai pemantauan di lapangan, semua ruang telah siap dimanfaatkan," jelasnya.

Berdasarkan data Jumat (18/2/2022), jumlah kasus baru yang dikonfirmasi sebanyak 1.608 orang. Total pasien yang dirawat sebanyak 8.399 dengan jumlah kesembuhan 280 orang. Selain itu, satu orang dilaporkan meninggal di Balikpapan.

Editor : Abriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network