Banjir Perlahan Surut, Warga di Mahakam Ulu Mulai Bersihkan Rumah dan Puing-puing

Abriandi
Banjir yang melanda Mahakam Ulu perlahan mulai surut pada Jumat (17/5/2024) sore. (foto: dok bnpb)

UJOH BILANG, iNewsKutai.id - Banjir yang melanda wilayah Kabupaten Mahakam Ulu, berangsur surut pada Jumat (17/5/2024) sore. Warga mulai membersihkan rumah dan lingkungan sekitar dari lumpur dan puing-puing sisa banjir.

Seperti di Kampung Ujoh Bilang, Long Bangun, warga membersihkan rumah dan bergotong royong menyingkirkan lumpur dari jalan. Puing-puing dan kendaraan roda dua yang tidak sempat diselamatkan berserakan di pinggir jalan.

Sebelumnya, ibu kota Mahakam Ulu itu menjadi titik paling parah diterjang banjir sejak Senin lalu. Banjir juga merendam 27 kampung lainnya di lima kecamatan yaitu Kecamatan Long Apari, Kecamatan Long Pahanggai, Kecamatan Long Bangun, Kecamatan Laham, dan Kecamatan Long Hubung. 

Ketinggian air bahkan mencapai 4 meter atau hingga atap rumah warga. Sejumlah fasilitas umum seperti rumah sakit, perkantoran pemerintah, rumah ibadah, dan perbankan lumpuh akibat terendam air luapan Sungai Mahakam.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari menjelaskan, berdasarkan laporan dari lapangan, sebanyak 200 orang masih mengungsi ke Posko Tanggap Darurat yang berlokasi di ibu kota Mahakam Ulu. 

Kerugian materil yang terdata sementara ini dalam kajian cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mahakan Ulu antara lain 14 unit rumnah panggung terdampak, tiga unit fasilitas umum terdampak, delapan fasilitas ibadah terdampak, dan 12 gedung pemerintahan terdampak.

"Sejumlah akses jalan menuju ibu kota Kabupaten Mahakam Ulu belum dapat dilalui kendaraan karena ketinggian air cukup tinggi. Laporan dari lapangan masih ada tiga kampung di Kecamatan Long Bangun yang terendam air,"jelas Abdul Muhari dalam keterangan tertulisnya, Jumat (17/5/2024).

Editor : Abriandi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network