Melawan saat Ditangkap, Anggota KKB Tewas Ditembak Satgas Damai Cartenz di Nabire

Fredy Nuboba
Basoka Lawiya, anggota KKB tewas ditembak Satgas Damai Cartenz 2024 di Kampung Topo, Distrik Uwapa, Nabire. (foto: iNews/Fredy Nuboba)

JAYAPURA, iNewsKutai.id - Basoka Lawiya, anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) tewas ditembak Satgas Damai Cartenz 2024 di Kampung Topo, Distrik Uwapa, Kabupeten Nabire, Papua Tengah, Minggu (7/6/2024) pukul 17:55 WIT. 

Anggota kelompok yang juga menamakan diri Organisasi Papua Merdeka (OPM) itu terpaksa ditembak karena melawan petugas saat ditangkap.

Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz Kombes Pol Bayu Suseno menjelaskan, penangkapan Basoka bermula dari razia yang dilakukan petugas gabungan dari satgas bersama Polres Nabire dan Polsek Topo.

Basoka Lawiya yang terindentifikasi sebagai anggota KKB tiba-tiba melintas. Saat hendak ditangkap, pelaku berupaya melawan petugas di lapangan.

"Anggota KKB Basoka Lawiya melakukan perlawanan saat akan ditangkap sehingga aparat melakukan tindakan tegas dan terukur. Saat ini jenazah sudah di RSUD Nabire," jelasnya, Minggu (7/6/2024).

Dari catatan kepolisian, Basoka Lawiya merupakan anggota KKB Kodap VIII Intan Jaya pimpinan Undius Kogoya. Dia terlibat dalam sejumlah aksi kriminal yang terjadi di Kabupaten Intan Jaya dan Paniai.

Mulai dari terlibat langsung dalam aksi pembakaran rumah dinas ASN di Kampung Mamba, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya pada 20 Januari 2024. Basoka juga melakukan penembakan dan pembakaran di Jalan Madi, Kampung Uwibutu, Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai 22 Mei 2024.

Saat ini jenazah masih berada di RSUD Nabire. Apabila proses identifikasi telah selesai, keluarga yang berada di Nabire dapat mengambil jenazahnya di rumah sakit tersebut.

artikel ini telah tayang di inews.id

Editor : Abriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network