get app
inews
Aa Read Next : Rife Kerebea, Tangan Kanan Pentolan KKB Egianus Kogoyo Ditangkap

Diserang KKB Papua saat Mendarat, Baling-baling Pesawat Smart Air Bolong Diberondong Tembakan

Selasa, 09 Juli 2024 | 21:49 WIB
header img
Baling-baling pesawat Smart Air berlubang setelah diberondong tembakan oleh KKB Papua saat akan mendarat di Bandara Sinak, Distrik Sinak, Kabupaten Puncak, Papua Tengah. (Foto Satgas Humas ODC 2024)

PUNCAK, iNewsKutai.id - Pesawat Smart Air PK-SNH yang membawa lima penumpang nyaris celaka saat mendarat di Bandara Sinak, Distrik Sinak, Kabupaten Puncak, Papua Tengah, Senin (8/7/2024) pukul 11.40 WIT.

Penyebabnya, pesawat perintis tersebut tiba-tiba diserang Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua atau Organisasi Papua Merdeka (OPM) saat mendekati bandara. Akibatnya, baling-baling pesawat berlubang setelah diberondong tembakan.

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Pilot berhasil mendaratkan pesawatnya dengan selamat di Bandara Sinak.

"Peluru mengenai baling-baling dan pilot dengan sigap memutuskan untuk tetap mendarat di Bandara Sinak dan menunggu situasi aman untuk kembali ke Nabire," ungkap Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024 Kombes Pol Bayu Suseno, Senin (9/7/2024).

Selain menyerang pesawat, KKB juga menembak ke arah Pos Gudang Logistik Yonif 751. Tembakan itu langsung dibalas pasukan TNI sehingga terjadi kontak senjata.

"Aparat gabungan langsung merespons dengan mengejar kelompok yang melarikan diri ke hutan tersebut,” katanya.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut