Edan! Dokter Gadungan Operasi Pasien Modal Tutorial YouTube

Anton Suhartono
Dokter gadungan di India operasi pasien modal tutorial YouTube. (Foto: ilustrasi/ist)

NEW DELHI, iNewsKutai.id - Dunia medis India geger. Seorang dokter gadungan bernama Ajit Kumar Puri melakukan operasi terhadap pasien dengan modal tutorial YouTube.

Akibatnya sudah bisa diduga, pasien berusia 15 tahun bernama Krishna Kumar, meninggal dunia karena kesalahan penanganan medis. Operasi itu dilakukan di salah satu rumah sakit di Distrik Saran, Negara Bagian Bihar, pekan lalu. 

Pihak keluarga menjelaskan, awalnya Krishna mengalami muntah-muntah. Karena semakin parah, dia kemudian dilarikan ke Rumah Sakit Ganpati dan langsung ditangani oleh Ajit.

Berlagak seperti dokter ahli, Ajit menyebut jika kondisi Krishna sangat serius dan harus segera dioperasi. Dia kemudian merujuk pasien ke rumah sakit di Patna dengan alasan peralatan di RS tidak memadai.

Anehnya, Krishna justru tidak jadi dirujuk. Sebaliknya, Ajit melakukan operasi pengangkatan batu empedu hanya berdasarkan tutorial video di YouTube. 

"Dokter Ajit Kumar Puri mengatakan Krishna harus dioperasi dan dia melakukan operasi dengan menonton video di YouTube. Anak saya kemudian meninggal," kata orang tua korban, seperti dilaporkan NDTV.

Saat pasien meninggal, Ajit dan stafnya meninggalkan Krishna begitu saja dan melarikan diri.

Stasiun televisi NDTV melaporkan, keluarga kemudian melaporkan kasus tersebut ke polisi dan langsung ditindaklanjuti. Jenazah Krishna yang diduga menjadi korban malapraktik kemudian diautopsi. 

Polisi juga masih memburu Ajit serta seorang stafnya, Seva Sadan yang membantunya melakukan operasi. 

Kakek Krishna, Prahlad Prasad Shaw menambahkan, keluarga yakin dengan Ajit lantaran kondisi cucunya membaik setelah mendapat penanganan awal.

"Tapi dia mulai mengoperasi anak itu tanpa persetujuan keluarga. Anak itu kesakitan. Ketika kami tanya dokter kenapa dia kesakitan, dia (Ajit) membentak kami lalu balik bertanya, apakah kami dokter. Sore harinya, anak itu tak bernapas lagi," ungkap Prahlad.

Krishna sempat berhasil disadarkan melalui CPR saat sekarat. Keluarga langsung memindahkan Krishna ke rumah sakit di Patna. Sayang, nyawanya tidak terselamatkan saat dibawa dengan ambulans.

artikel ini telah tayang di inews.id

Editor : Abriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network