Pelatih Arab Saudi dan Australia Dipecat, PSSI Warning Shin Tae-yong

Abdul Haris
PSSI memberi warning kepada Shin Tae-ying untuk mematangkan taktik timnas Indonesia demi menjaga peluang ke Piala Dunia 2026. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsKutai.id – Pemecatan Roberto Mancini dan Graham Arnold menjadi warning bagi Shin Tae-yong. PSSI mewanti-wanti pelatih asal Korea Selatan itu mematangkan taktik timnya demi menjaga peluang ke Piala Dunia 2026.

Persaingan ketat Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia sudah memakan korban dua pelatih. Roberto Mancini baru saja dipecat Arab Saudi dari kursi pelatih.

Sebelumnya, Graham Arnold juga harus meninggalkan kursi kepelatihan Timnas Australia. Pemecatan ini menyusul hasil kurang memuaskan yang diraih dalam empat laga Grup C.

Padahal, catatan kedua pelatih tersebut jauh lebih baik dibanding Shin Tae-yong yang sejauh ini belum membukukan kemenangan. Bahkan, timnas Indonesia baru saja dibekuk timnas China yang notabene ditargetkan sebagai laga untuk mendulang poin penuh.

Karena itu, Ketua Umum PSSI Erick Thohir langsung mewanti-wanti Shin Tae-yong untuk mematangkan tim dan taktik dalam enam pertandingan sisa di Grup C. 

"Saya sudah bertemu dengan coach Shin. Kami serius bicara soal target timnas untuk minimal menempati empat besar di grup,” kata Erick Thohir dalam keterangan resminya yang diterima iNews.id, Jumat (25/10/2024).  

"Ini menjadi tugas coach untuk mempersiapkan tim dan taktik dengan sebaik-baiknya. Terutama di dua laga kandang melawan Jepang dan Arab Saudi, bulan depan," ujar Erick Thohir.

Mantan pemilik Inter Milan itu pun menegaskan PSSI akan selalu memberikan dukungan dalam memenuhi kebutuhan timnas.  

"Kita harus maksimal secara taktik. Stabilitas yang mulai terbangun mesti dipertahankan saat bermain, taktik sudah siap dan matang," tambahnya. 

Kekalahan timnas Indonesia dari China memang menjadi sorotan publik. Penyebabnya, STY dinilai salah taktik karena melakukan bongkar pasang skuad timnas di laga tersebut.

Sejumlah pemain yang menjadi kunci permainan, seperti Thom Haye justru dicadangkan. Eliano Reijnders yang tampil baik saat melawan Bahrain bahkan dicoret STY dari daftar susunan pemain.

Eksperimen itu harus dibayar mahal dengan kekalahan pertama atas  tim peringkat dasar klasemen, China. Terdekat, Timnas Indonesia akan menjamu Jepang, dan Arab Saudi di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada 15 dan 19 November 2024. 

artikel ini telah tayang di inews.id

Editor : Abriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network