get app
inews
Aa Read Next : 5.126 Tenaga Pengamanan Dikerahkan Amankan TPS Pemilu 2024 di Kota Samarinda

Pemkot Samarinda Target Akhiri Penantian 27 Tahun Piala Adipura pada 2025

Kamis, 16 Juni 2022 | 05:01 WIB
header img
Pemkot Samarinda menargetkan meraih Piala Adipura pada 2025. (foto: abriandi)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Pemkot Samarinda menargetkan kembali meraih Piala Adipura pada 2025 mendatang. Tercatat, penghargaan tertinggi dibidang kebersihan dan pengelolaan lingkungan perkotaan itu terakhir kali diraih pada 1995 silam atau 27 tahun lalu.

Wali Kota Samarinda Andi Harun menyatakan, target meraih Piala Adipura pada 2025 harus disertai komitmen dari seluruh elemen mulai dari camat dan lurah, kepala sekolah hingga masyarakat. Kepedulian akan tanggung jawab terhadap kebersihan menjadi poin utama untuk meraih Adipura.

"Harus tumbuh kesadaran bahwa tugas menjaga lingkungan bukan hanya sebagai kewajiban dari pemerintah saja melainkan juga masyarakatnya," ucap Andi Harun dalam Ekspos Adipura 2025 di Ruang Rapat Mangkupelas Balaikota, Rabu (15/6/2022).

Menurut dia, kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan sangat penting. Karena itu, dia menginstruksikan seluruh unsur kecamatan segera menindaklanjuti serta mengkoordinasikan arahan terkait target Adipura kepada seluruh lurah di lingkungan masing-masing.

"Karena garda terdepan itu adalah masyarakat, dan penggerak masyarakat yang paling terdepan itu dari organ pemerintah yakni kelurahan. Lurah harus diberi pemahaman jika ini gerakan bersama," ucapnya.

Andi Harun juga meminta seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) menggerakkan semua pegawainya agar melakukan gerakan kebersihan dan penataan lingkungan. Dia juga menggagaas gerakan membersihkan sampah plastik yang ada di sungai. 

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut