get app
inews
Aa Read Next : Ancam Warga Pakai Parang, Preman Komplek Ciut Diciduk Polisi

Percepatan Pembangunan Berbasis Wilayah, 2.000 RT di Kota Samarinda Terima Dana Rp100 Juta

Minggu, 19 Juni 2022 | 05:02 WIB
header img
Wali Kota Samarinda Andi Harun. (foto: diskominfo)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Pemkot mengucurkan dana Rp100 juta bagi tiap RT yang ada di Kota Samarinda melalui program Pro Bebaya. Dana yang disalurkan kepada sekitar 2000 RT yang ada di Kota Tepian ini dikucurkan untuk mempercepat pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat berbasis kewilayahan.

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Samarinda Andi Harun dalam halalbihahal Kerukunan Keluarga Tabalong (KKT) di Hotel Senyiur. Mantan legislator DPRD Kaltim itu memperkenalkan program unggulan tersebut  kepada Bupati Tabalong Anang Syakhfiani beserta jajarannya.

Andi Harun mengatakan, penyaluran dana bagi RT sebagai implementasi dari Pro Bebaya bertujuan agar pembangunan yang dilakukan di seluruh wilayah Kota Tepian dilakukan berdasarkan kebutuhan masyarakat, tepat sasaran, dan tepat waktu.

"Dana tersebut digunakan untuk kegiatan pembangunan di lingkungan RT dan semua kegiatannya direncanakan oleh warga sendiri, dan pelaksanaan melalui swakelola warga," terang Andi Harun.

Dia menjelaskan, anggaran Rp100 juta yang disalurkan tersebut dibagi dalam dua porsi pemanfaatan. Sebanyak 60 persen dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur dan 40 persen pemberdayaan masyarakat.

"Dengan ini diharapkan memperkuat dan mengokohkan persatuan kita sebagai warga Kota Samarinda untuk mewujudkan sebagai Kota Pusat Peradaban," ujarnya.

Terkait halalbihalal KKT, Andi Harun mengatakan jika acara tersebut menyempurnakan kemenangan dan kesucian setelah melaksanakan puasa dan ibadah lain di Bulan Ramadan.

"Melalui kegiatan halal bi halal ini kita semua diharapkan untuk membersihkan diri dengan tulus dan ikhlas, saling memberi maaf kepada sesama atas segala khilaf dan dosa yang pernah dilakukan." ucapnya.

Ketua panitia Rajuli Alady mengatakan, warga Tabalong yang berada di kota Samarinda sangat mendukung segala program Pemkot.

"Karenanya kami mengambil tema Warga Tabalong Siap Mendukung Program Samarinda menuju kota pusat peradaban. Kami kawa maucap Insya Allah kawa menggawi (Kami bisa berucap insya Allah kami bisa mengerjakan.red)," tutur Rajuli.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut