Logo Network
Network

Obrolan Grup WhatsApp Mengganggu? Ini Cara Diam-diam Keluar dari Grup WA

Dini Listiyani
.
Selasa, 21 Juni 2022 | 09:19 WIB
Obrolan Grup WhatsApp Mengganggu? Ini Cara Diam-diam Keluar dari Grup WA
Tips keluar dari grup WhatsApp tanpa diketahui orang (Foto: Techthirsty)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Grup WhatsApp (WA) saat ini sudah lazim digunakan dalam aplikasi pesan instan tersebut. Namun, terlalu banyak grup WA terkadang mempengaruhi kinerja ponsel sehingga terasa lemot.

Selain itu, tidak semua grup WA dibutuhkan atau diharapkan penggunanya. Solusi satu-satunya adalah meninggalkan grup. Namun faktanya tidak segampang itu untuk keluar dari grup WA karena terkadang ada rasa segan atau takut diketahui anggota grup lainnya.

Karena itu, perlu diketahui cara keluar dari grup WA tanpa diketahui anggota grup lainnya. Berikut tiga cara keluar diam-diam dari grup WA:

1. Disable Group Notification

Android

- Pergi ke Settings 
- Tap WhatsApp di bagian bawah 
- Klik Notification 
- Matikan Group Notification di bawah opsi Alerts 

(iOS) 

- Pergi ke WhatsApp 
- Tap Settings di bawah 
- Klik WhatsApp 
- Matikan Show Notification di bawah group notification 

Sekarang Anda dapat masuk ke WhatsApp dan meninggalkan grup yang mengganggu tanpa diketahui. Tentu saja, mereka dapat mengetahuinya tanpa harus menerima pemberitahuan, sebagaimana dikutip dari Techzillo.  

Jika mereka curiga Anda telah pergi, mereka dapat dengan mudah melihat siapa yang ada di grup dan memeriksa apakah nama Anda ada di sana. Tapi, bagian terbaiknya adalah mereka tidak akan tahu pada awalnya yang membuatnya tampak jauh lebih tidak sopan.

2. Meninggalkan Grup dengan Clearing atau Exiting Grup 

Anda dapat meninggalkan grup WhatsApp tanpa diketahui oleh siapa pun di obrolan grup dengan memilih nama obrolan grup di bagian atas. Dari sini pilih opsi seperti 'hapus' atau 'keluar grup'. 

Ini akan memungkinkan Anda untuk meninggalkan obrolan tanpa diberi tahu. Jika obrolan grup Anda selalu sibuk, maka cara terbaik untuk keluar adalah Keluar dari Grup secara normal. 

Alasan mengapa keluar dari obrolan grup dapat berhasil ketika chat Anda selalu sibuk adalah karena orang mungkin melewatkan pemberitahuan setelah Anda pergi. Ini adalah metode yang berisiko tapi patut dicoba. 

Keluar Grup: 

- Buka aplikasi WhatsApp 
- Klik grup chat yang ingin ditinggalkan  
- Select nama di bagian atas 
- Select Edit chat. 

Setelah selesai melakukannya, Anda tidak dapat lagi mengirim pesan ke grup. Jika Anda mengklik obrolan dalam upaya mengirim pesan kepada orang-orang, tidak akan ada opsi obrolan bagi Anda untuk mulai mengetik. 

3. Keluar dari Grup dengan Menghapus Chat 

Celah lain yang dapat digunakan untuk keluar dari grup WhatsApp tanpa diketahui dengan menghapus obrolan. Metode ini paling baik ketika Anda ingin meninggalkan obrolan yang tidak aktif. 

Ini melibatkan Anda membersihkan obrolan sehingga Anda tidak perlu melihatnya setiap kali Anda menggunakan WhatsApp. Dan karena obrolan ini tidak aktif, setelah Anda menghapusnya, tidak ada yang akan mengirim pesan di dalamnya sehingga obrolan tidak dapat muncul kembali untuk Anda. 

Untuk archive chat: 
1. Buka WhatsApp 
2. Temukan chat yang ingin dihapus 
3. Di iPhone, swipe kiri chat. Sedangkan di Android, tap dan hold. 
4. Select Archive.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.