get app
inews
Aa Read Next : Kabar Dunia, Aktor Senior Donny Kesuma Meninggal Dunia Usai Dirawat Akibat Penyakit Jantung

Jangan Sepelekan Daun Kelor, Ampuh Usir Penyakit Kolesterol dan Cegah Penyakit Jantung

Jum'at, 24 Juni 2022 | 11:53 WIB
header img
Daun kelor ampuh turunkan kolesterol. (foto: antara)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Beberapa tahun lalu, kelor mungkin hanya dianggap tanaman pagar biasa. Pada beberapa daerah di Indonesia, diolah menjadi sayuran karena gampang diperoleh.

Namun kini, status kelor menjadi tanaman dewa. Hal ini tidak lepas dari beragam khasiat obat yang terkandung dalam daunnya. Selain sebagai anti kanker, daun kelor ternyata ampuh untuk mengusir penyakit kolesterol.

Kandungan dalam daun yang memiliki sebutan lain, yakni moringa itu ampuh menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Moringa menjadi sumber yang sangat baik, dari berbagai vitamin hingga mineral. 

Sebagai informasi, secangkir daun segar cincang (21 gram) mengandung 2 gram protein, vitamin B6 19 persen, vitamin C 12 persen, zat besi 11 persen, riboflavin 11 persen, vitamin A 9 persen dan magnesium 8 persen.

Mengutip laman Healthline, kemanjuran daun kelor diungkap dalam penelitian berbasis hewan dan manusia. Studi ini menunjukkan bahwa moringa oleifera memiliki efek penurun kolesterol yang serupa. 

Indonesia juga pernah membuktikan khasiat daun kelor untuk kolesterol. Menukil Litbang Kementerian Kesehatan, diketahui bahwa pencegahan dengan pemberian ekstrak daun kelor (moringa oleifera) dapat menurunkan tekanan darah sistolik, tekanan darah diastolik, kolesterol LDL, dan meningkatkan HDL tigliserida. 

Tujuan penelitian ini untuk membuktikan pengaruh pemberian ekstrak daun kelor terhadap tekanan darah sistolik, tekanan darah diastolik, LDL, HDL dan trigliserida. Sementara itu, seperti diketahui, kolesterol tinggi selalu dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut