Logo Network
Network

Kacau, 300 Batang Tanaman Ganja Siap Panen Ditemukan di Lahan Perhutani

Dharmawan Hadi
.
Rabu, 29 Juni 2022 | 14:00 WIB
Kacau, 300 Batang Tanaman Ganja Siap Panen Ditemukan di Lahan Perhutani
Ilustrasi penemuan ladang ganja di lahan Perhutani di Sukabumi. (foto: ist)

SUKABUMI, iNewsKutai.id - Sedikitnya 300 batang tanaman ganja siap panen ditemukan di lahan Perhutani, yang ada di kawasan Gunung Karuhun, Selasa (28/6/2022). Belum diketahui siapa yang memanfaatkan lahan milik pemerintah untuk menanam tanaman candu tersebut.

Ladang ganja  yang rata-rata mempunyai tinggi satu meter itu ditemukan pencari madu hutan. Akses ke wilayah tersebut bahkan sangat berat, melintasi jalan setapak perbukitan di perbatasan Desa Cimenteng, Kabupaten Cianjur, dengan Desa Sukamanah, Kabupaten Sukabumi. 

"Pada Minggu (26/6/2022) kemarin, kami mendapat laporan adanya ladang ganja, karena Polsek kita yang terdekat, setelah anggota melakukan pengecekan, ternyata memang tanaman tersebut merupakan tanaman ganja," ungkap Kapolsek Gegerbitung, Iptu Erman, Rabu (29/6/2022).

Setelah melakukan koordinasi dengan Polres Sukabumi, lanjut Erman, ia diperintahkan untuk melanjutkan koordinasi dengan Polres Cianjur, karena lokasi ladang ganja tersebut berada di wilayah hukum Polres Cianjur. 

"Dan hari ini juga kami membantu jajaran Satreskoba Polres Cianjur, menyisir lokasi di mana ditemukannya ladang ganja itu. Kita hanya membantu karena memang lokasi ladang ganja itu ada di perbatasan antara Gegerbitung, dan Cianjur, dengan batasnya lembah tapi masuknya wilayah Campaka Cianjur," ujar Erman. 

Erman menambahkan bahwa pohon ganja yang ditemukan tersebut mencapai sekitar 300 pohon lebih, dan usianya mencapai sekitar dua bulan dengan ketinggian rata-rata 1 meter, bahkan ada juga yang sudah siap panen. 

"Jadi ditanamnya tersebar di lahan Perhutani yang seluas 4 hektare, ada sekitar tujuh titik lokasi ladang ganja yang infonya ada lebih dari 300 tanaman ganja yang ditemukan, untuk lebih jelasnya ada di Satreskoba Polres Cianjur," pungkasnya.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News

Bagikan Artikel Ini