get app
inews
Aa Read Next : Bahaya Tidur setelah Makan Sahur, Bisa Memicu Masalah Kesehatan Serius

Hati-hati, Daftar Makanan Ini Terlihat Sehat Ternyata Bikin Kolesterol Tinggi

Minggu, 03 Juli 2022 | 11:11 WIB
header img
Produk susu lemak utuh ternyata bisa memicu penyakit kolesterol. (foto: ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Makanan lezat dan terlihat sehat belum tentu benar-benar bisa memberikan manfaat bagi tubuh. Sebaliknya, makanan tersebut bisa saja memicu penyakit salah satunya kolesterol tinggi.

Penyakit ini timbul jika kadar kolesterol dalam darah melebihi batas normal. Jika dibiarkan, kolesterol yang berlebihan bisa menumpuk di pembuluh darah sehingga meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung dan stroke.

Kolesterol sejatinya diproduksi oleh hati dan dibutuhkan tubuh. Namun jika jumlahnya berlebihan bisa memicu penyakit yang berkaitan dengan pembuluh darah. Salah satu penyebabnya adalah pola makan.

Karena itu, penting untuk mengetahui makanan yang terlihat sehat namun sebenarnya bisa memicu kolesterol tinggi. Dilansir dari WebMD, Jumat (1/7/2022), berikut daftar lengkapnya.

1. Mashed potatoes

Kentang sebenarnya adalah makanan sehat dan sering menjadi pengganti nasi. Tetapi manfaat itu akan berubah ketika diolah menjadi mashed potatoes. Hal itu karena beragam zat tambahan yang justru bisa memicu kolesterol.

"Mashed potatoes yang ada di restoran kebanyakan menggunakan mentega, krim, susu murni, krim asam, dan keju dalam porsi besar untuk membuatnya dan bahan-bahan itu bisa meningkatkan kolesterol," ujar Konsultan Nutrisi Marisa Moore, dikutip dari WebMD. 

2. Pizza 

Makanan yang bisa Anda temukan dengan mudah di kota-kota besar ini pun dipercaya bisa menaikkan kolesterol dengan sangat cepat. Hal ini karena pizza kebanyakan menggunakan keju dan daging sebagai bahan pembuatnya.  

3. Produk susu lemak utuh 

"Olahan dari susu itu kaya nutrisi memang, seperti kalsium, protein, vitamin, dan mineral. Tapi, jika Anda mengonsumsi 'whole-fat', itu sama saja Anda mendapatkan lemak jenuh dalam dosis besar," kata Konsultan Nutrisi Elizabeth Ward. Jadi, kalau mau mengonsumsi olahan susu, ada baiknya pilih yang low fat. 

4. Kue kering 

Kue kering pun harus jadi musuh mereka yang sedang menurunkan atau mengontrol kolesterol tubuh. "Makanan ini mengandung krim dan mentega yang cukup banyak dan itu tidak baik untuk kolesterol," kata Moore.  

5. Popcorn 

Popcorn yang banyak menggunakan mentega tidak direkomendasikan untuk Anda yang sedang mengatur kolesterol dalam tubuh agar seimbang.  Jadi, itu dia lima makanan yang bisa menaikkan kolesterol dengan sangat cepat. Jika salah satunya rutin Anda makan, maka segera cari penggantinya atau batasi penggunaan lemak di dalam makanan tersebut.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut